Bursa Capres 2024: Nasdem Bidik Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil

NasDem putuskan nama capres yang akan diusung pada 2023

Jakarta, IDN Times - Ketua DPW Jawa Barat Partai NasDem, Saan Mustopa mengatakan pihaknya membidik sejumlah nama untuk diusung menjadi calon presiden (capres) 2024. Saan kemudian menyebut ada tiga nama yang bisa dijadikan capres oleh NasDem.

"Jadi tiga nama ini memang ada dalam pertimbangan di Partai NasDem, Pak Ganjar, Pak Anies, Pak Ridwan Kamil," ujar Saan dalam acara webinar, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga: Digeser dari Ketua Fraksi NasDem DPR, Ahmad Ali: 'Dihukum' Surya Paloh

1. Anies, Ganjar dan Ridwan Kamil dinilai bisa diterima di Jawa Barat

Bursa Capres 2024: Nasdem Bidik Anies Baswedan hingga Ridwan KamilWakil Ketua Komisi ll DPR RI Saan Mustofa (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Saan menjelaskan, tiga nama yang disebutkannya itu bisa diterima oleh warga Jawa Barat. Terlebih, kata dia, Ridwan Kamil yang juga dibidik saat ini menjabat Gubernur Jawa Barat.

"Nah siapa yang akan NasDem akan nanti usung, tentu NasDem mekanisme yang sedang digodok," ucapnya.

Baca Juga: NasDem: Anies Gubernur Hebat, Kita Apresiasi

2. Diharapkan bisa kalahkan Prabowo di Jawa Barat

Bursa Capres 2024: Nasdem Bidik Anies Baswedan hingga Ridwan KamilKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Lebih lanjut, Saan berharap, nama yang nantinya diusung oleh NasDem bisa mengalahkan Prabowo Subianto di Jawa Barat. Sebab, dalam dua pemilu sebelumnya, Prabowo selalu unggul di tanah Pasundan.

"Publik Jawa Barat itu sangat terbuka dengan siapapun, bahkan terhadap Pak Anies maupun Pak Ganjar. Kalau Pak Prabowo memang sudah dua kali dari Jawa Barat selalu menang dan menangnya selalu signifikan. Tapi terhadap para pendatang baru, Pak Ganjar maupun Pak Anies, rupanya publik ini di Jawa Barat tidak keberatan," katanya.

3. NasDem putuskan nama capres yang diusund pada 2023

Bursa Capres 2024: Nasdem Bidik Anies Baswedan hingga Ridwan KamilWakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Saan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR ini menyebut, elektabilitas Prabowo, Anies, Ganjar dan Ridwan Kamil tidak terlalu jauh. Sehingga, harapan untuk menang tidak sulit.

Dia mengatakan, NasDem akan memutuskan nama capres yang akan diusungnya pada 2023 mendatang.

"Nanti di 2023, tapi nama-nama ini sedang kita pertimbangkan," imbuhnya.

Baca Juga: Siap Nyapres Lagi, Prabowo Bakal Deklarasi Jadi Capres Tahun Ini?

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya