Comscore Tracker

Cak Imin Buka Suara soal Tanggal Muktamar ke-34 NU

Akan ada pengumuman pekan depan soal Muktamar NU

Jakarta, IDN Times - Kepastian tanggal Muktamar ke-3 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung pada akhir Desember 2021 belum jelas. Tanggal 23-25 Desember 2021 yang seharusnya menjadi jadwal muktamar terpaksa dibahas ulang karena ada kebijakan PPKM level 3 di semua provinsi.

Ketua Umum Partai Keadilan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar buka suara soal jadwal Muktamar ke-34 NU. 

"Siang hari ini kita diberikan kesempatan untuk bersama-sama berdiskusi menyambut Muktamar NU yang akan diselenggarakan Insya Allah tahun ini, kalau tidak tahun ini ya tahun depan," ujar Muhaimin di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Baca Juga: Panitia Muktamar NU ke-34 Kebut Pembangunan Pesantren Darussa'adah

1. Pekan depan akan ada pengumuman

Cak Imin Buka Suara soal Tanggal Muktamar ke-34 NUKetua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Menurutnya, akan ada pengumuman dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pekan depan. Namun, dia tak menjelaskan kapan pengumuman itu.

"InsyaAllah minggu depan selesai," ucapnya.

Baca Juga: Rais Aam PBNU Perintahkan Muktamar NU 17 Desember, 27 PWNU Mendukung

2. Rais Aam PBNU perintahkan Muktamar NU 17 Desember, 27 PWNU mendukung

Cak Imin Buka Suara soal Tanggal Muktamar ke-34 NUKetua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar (nu.or.id)

Sebelumnya, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama PBNU, KH Miftachul Akhyar, mengeluarkan surat perintah agar PBNU menggelar muktamar ke-34 NU pada 17 Desember 2021 di Lampung. Tanggal tersebut maju dari sebelumnya yang sudah ditetapkan pada 23-25 Desember 2021.

Mengenai permintaan Rais Aam PBNU itu, 27 PWNU memberi dukungan. Dilansir ANTARA, Senin (29/11/2021), dukungan itu disampaikan saat mereka bertemu Kiai Miftach di Kantor PBNU, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Jusuf Kalla Sebut NU Mirip dengan Waralaba, Kenapa?

3 Daftar 27 PWNU yang memberikan dukungan

Cak Imin Buka Suara soal Tanggal Muktamar ke-34 NUIlustrasi Logo NU (Nahdlatul Ulama) (Dok. ANTARA News)

Adapun 27 PWNU yang memberikan dukungan antara lain dari Jawa Timur, Jawa Tengah,Yogyakarta, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.

Kemudian Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. Ketua Panitia Daerah Muktamar NU di Lampung, Moh Mukri mengatakan, pihaknya siap menjalankan muktamar pada 17-19 Desember 2021.

"Kami selaku panitia daerah sekaligus pimpinan wilayah NU bersama 27 wilayah provinsi, siap mendukung dan melaksanakan Muktamar ke-34 NU pada 17-19 Desember 2021 sesuai instruksi Rais Aam PBNU," kata Mukri.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya