Cak Imin Minta Desa Wisata Dikelola Maksimal Dongkrak Ekonomi Kreatif

Cak Imin sebut potensi wisata di desa belum dikelola optimal

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, meminta agar desa wisata dikelola dengan benar. Cak Imin mengatakan, potensi yang ada di pedesaan selama ini belum dikelola dengan optimal.

"Desa itu biasanya memiliki potensi alam yang indah dan berkualitas, tapi tidak tereksplore atau tidak terangkat menjadi informasi sehingga potensinya hilang," ujar Cak Imin dalam keterangannya di Desa Ngepeh Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, Senin (17/4/2023).

Baca Juga: Di Jawa Timur, Cak Imin Janjikan Dana Desa Rp5 M Bila Jadi Presiden

1. Desa wisata harus terus digerakkan

Cak Imin Minta Desa Wisata Dikelola Maksimal Dongkrak Ekonomi KreatifKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar Dorong Pengembangan Potensi Desa Wisata (dok. PKB)

Wakil Ketua DPR RI itu mengajak masyarakat terus menggerakkan desa wisata. Bila potensi wisata bisa dikembangkan, ekonomi masyarakat desa juga bisa ikut meningkat.

"Nah gerakan desa wisata ini menjadi jalan keluar untuk mendongkrak potensi desa sekaligus menumbuhkembangkan ekonomi kreatif," ucap dia.

Baca Juga: Cak Imin Dukung Luhut Tolak China Minta APBN Jaminan Kereta Cepat

2. Desa wisata tak hanya bicara soal sumber daya alam

Cak Imin Minta Desa Wisata Dikelola Maksimal Dongkrak Ekonomi KreatifKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (dok. PKB)

Dalam kesempatan itu, Cak Imin menyampaikan kalau desa wisata tak hanya bicara soal potensi sumber daya alam. Tapi, bisa juga bergerak dari industri kreatif, produksi makanan yang bisa menumbuhkan nilai ekonomi.

"Oleh karena itu, saya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya desa-desa wisata ditumbuhkembangkan secara serius oleh pemerintah. Bahkan dijadikan target wisata baru, sehingga konsentrasi itu menjadi percepatan, percepatan yang akan memakmurkan desa," kata dia.

3. Dorong pemerintah pusat alokasikan dana

Cak Imin Minta Desa Wisata Dikelola Maksimal Dongkrak Ekonomi KreatifKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (dok. PKB)

Lebih lanjut, Cak Imin mendorong pemerintah pusat untuk mengalokasikan anggaran untuk membangun infrastruktur yang cukup untuk desa wisata.

"Anggaran harus disiapkan, infrastruktur harus dibangun untuk konektivitas, dan tentu saja promosi harus dibantu. Ini desa digital sangat penting," ujar dia.

"Sekarang sosial media sudah sangat murah untuk mendongkrak wisata menjadi dikenal. Bahkan sekarang banyak sekali wisata-wisata baru trending topik, lalu membuat orang tertarik dan berbondong-bondong mendatangi lokasi-lokasi baru," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya