Cerita Aulia Akbar Bisa Jadi Pemenang Desain Logo IKN

Desain logo IKN terinspirasi dari kebudayaan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan tema pohon hayat. Logo IKN itu terpilih lewat prose sayembara ketat.

Logo IKN bertema pohon hayat itu didesain oleh Aulia Akbar. Pria lulusan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung itu mengaku bersyukur bisa menjadi juara.

"Ini sebuah momen yang sangat bersejarah di desain grafis Indonesia dan kita sangat bersyukur," ujar Aulia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Logo IKN, Bertema Pohon Hayat

1. Aulia sebut proses menjadi juara dilakukan selama 9 tahun

Cerita Aulia Akbar Bisa Jadi Pemenang Desain Logo IKNJuara desain logo IKN, Aulia Akbar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Aulia mengatakan, proses menjadi juara desain logo IKN tidak tiba-tiba. Dia mengaku berproses selama sembilan tahun berkecimpung di dunia desain.

"Yang pasti prosesnya bukan dari waktu yang diberikan saja, tapi waktunya itu sebuah akumulasi dari pengalaman kita lebih dari sembilan tahun di industri ini," kata dia.

Aulia menerangkan, tema pohon hayat itu terinspirasi dari kebudayaan Indonesia. Menurutnya, pohon hayat bisa diartikan sebagai pohon kehidupan.

"Jadi, untuk inspirasinya itu dari penelusuran kita tentang kebudayaan kita sendiri, dari Sabang sampai Merauke, yang kita cari. Apa sih yang kita bawa, satu bentuk yang semuanya tuh punya kesamaan berupa kosmologi si pohon hayat. Itu kan berupa pohon kehidupan yang bisa kita temukan," ucap dia.

Cerita Aulia Akbar Bisa Jadi Pemenang Desain Logo IKNinfografis Logo IKN (IDN Times/Esti Suryani)

Baca Juga: Badan Otorita Mengajak Masyarakat Indonesia Pilih Logo IKN 

2. Logo IKN bisa jadi simbol kehidupan

Cerita Aulia Akbar Bisa Jadi Pemenang Desain Logo IKNLogo IKN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Jokowi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN). Peluncuran itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (30/5/2023).

"Logo baru ini akan jadi identitas visual bagi IKN," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, logo bertema pohon hayat itu didesain oleh Aulia Akbar.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar. Pohon hayat ini pohon kehidupan dan kita berharap pohon hayat ini menginspirasi IKN yang menjadi simbol kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya," ucap Jokowi.

"Logo pohin hayat memiliki filosofi sejalan dengan pembangunan IKN," sambungnya.

Baca Juga: Otorita IKN Klaim 65 Persen Area IKN Nusantara Jadi Hutan Lindung

3. Jokowi tegaskan logo desain IKN dipilih rakyat

Cerita Aulia Akbar Bisa Jadi Pemenang Desain Logo IKNPeluncuran Logo IKN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan, logo itu bukan dipilih presiden. Pemilihan logo itu telah melalui proses sayembara ketat.

"Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita, setelah melaui proses sayembara yang selektif telah terpilih dengan pemilih terbanyak, jadi yang milih bukan presiden, hati-hati, yang milih ini rakyat, yang memilihya 500 ribu, jumlah tidak sedikit," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengatakan, sayembara pembuatan logo IKN dibuka pada September 2022. Sebanyak 500 desainer mendaftar dalam sayembara itu.

"Dewan kurator kemudian menyeleksi 10 desainer," kata Bambang.

Dari 10 logo yang diseleksi kurator, Presiden Jokowi memiliki lima logo terbaik. Kelima logo itu lalu dipilih masyarakat lewat voting online.

"Voting secara online 4 April -20 Mei (2023). Selama proses dilakukan roadshow dan paparan diskusi publik di kanal digitial," ucap dia.

Bambang menerangkan, proses voting diikuti lebih dari 500 ribu pemilih. Kemudian, dari wilayah Kalimantan Timur ada 16 ribu voters.

Pemenang desain logo IKN mendapat hadiah Rp185 juta dan empat finalis lainnya masing-masing mendapat Rp25 juta.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya