Cerita Petugas BPBD Bekasi Jemput 193 Jenazah Pasien COVID-19 Isoman

Sehari petugas menjemput lebih dari 20 jenazah

Jakarta, IDN Times - Petugas pemulasaran di Kota Bekasi, Jawa Barat, dalam beberapa hari ini sibuk mengevakuasi jenazah pasien COVID-19. Termasuk, jenazah pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Humas BPBD Kota Bekasi, Rinto Butarbutar, mengungkapkan sudah ada 193 jenazah pasien COVID-19 yang menjalani isoman dijemput oleh timnya.

"Kalau minggu ini, kami hitung dari hari Senin (pekan lalu) sampai hari ini 190, tadi tambah tiga, jadi sudah ada 193," ujar Rinto kepada IDN Times, Selasa (13/7/2021).

1. Tim mengevakuasi lebih dari 20 jenazah setiap hari

Cerita Petugas BPBD Bekasi Jemput 193 Jenazah Pasien COVID-19 IsomanIlustrasi mobil Jenazah. (IDN Times/Aldila Muharma-Fiqih Damarjati)

Baca Juga: Lapor COVID: 451 Pasien Meninggal Saat  Isoman, Tertinggi Kota Bekasi

Rinto juga turun langsung ke lapangan membantu proses evakuasi. Ia menerangkan, timnya dalam sehari mengevakuasi lebih dari 20 jenazah pasien COVID-19 dalam sehari.

"Kalau kemarin itu ada 26 sehari, Sabtu ada 25, kadang 20, 24 jenazah sehari," kata Rinto.

Rinto mengatakan timnya melakukan penjemputan sesuai dengan permintaan yang telah masuk dalam call center. Petugas kemudian menghubungi kembali keluarga apabila ambulans akan menuju rumah duka.

2. Suasana saat tim tiba di rumah duka

Cerita Petugas BPBD Bekasi Jemput 193 Jenazah Pasien COVID-19 IsomanMobil Jenazah yang mengantarkan jenazah pasien COVID-19 ke TPU Pondok Ranggon pada Selasa (16/9/2020). IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati

Rinto menceritakan, ketika timnya tiba di rumah duka, kondisi jenazah masih dalam keadaan polos. Belum dimasukkan ke dalam kantong jenazah maupun peti.

"Jadi keluarga di rumah mereka juga gak berani, jadi gak bisa berbuat apa-apa, mereka juga gak tahu protokolnya gimana," katanya.

Namun, Rinto mengatakan, ada juga keluarga yang berusaha memanggil petugas Puskesmas untuk membuat surat kematian dan mengecek kondisi jenazah.

3. Cara memanggil petugas pemulasaran BPBD Kota Bekasi

Cerita Petugas BPBD Bekasi Jemput 193 Jenazah Pasien COVID-19 IsomanIlustrasi proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma&Fiqih Damarjati)

Layanan pemulasaran BPBD Kota Bekasi ini lebih diutamakan untuk warga Kota Bekasi. Masyarakat dapat menghubungi 1500-444 (call center Kota Bekasi) atau 081283957877 (call center WA BPBD Kota Bekasi).

"Layanan ini semuanya gratis, ini perintah langsung dari Pak Wali Kota," kata Rinto.

Rinto mengatakan total ada 11 ambulans untuk mengevakuasi jenaxah COVID-19 isoman di rumah. "Kami berusaha cepat mengevakuasi, ketika ada antrean di TPU, kami akan sampaikan ke keluarga agar mereka tahu dan setelah selesai kami akan langsung meluncur," ujarnya.

Baca Juga: Keluh Pasien Saat Isoman: Puskesmas Cuma Kasih 10 Butir Vitamin C

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya