China Impor 1 Juta Ton CPO, Upaya Jokowi Selamatkan Petani Sawit

Minta 1 juta ton CPO itu saat Jokowi berkunjung ke China

Jakarta, IDN Times - China meminta impor 1 juta ton minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dari Indonesia, ketika Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke Negeri Tirai Bambu pada 26 Juli 2022.

Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Gulat Medali Emas Manurung, mengatakan, permintaan China itu merupakan salah satu bentuk upaya Jokowi untuk menyelamatkan petani sawit di Indonesia.

"Kami sangat tertolong dengan pesanan China tersebut," ujar Manurung dalam keterangannya,  Senin (1/8/2022).

Baca Juga: Erick Thohir: Pemerintah China Beli Sejuta Produk Kelapa Sawit RI

1. Beberkan masalah petani sawit di Indonesia

China Impor 1 Juta Ton CPO, Upaya Jokowi Selamatkan Petani Sawitilustrasi brondolan kelapa sawit (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Manurung kemudian membeberkan masalah petani sawit di Indonesia. Menurutnya, masalah yang sedang dihadapi adalah bagaimana caranya untuk mengosongkan tangki-tangki CPO.

"Karena 'obat' permasalahan sawit Indonesia saat ini adalah bagaimana cara mengosongkan tangki penyimpanan CPO. Stok CPO Indonesia akibat larangan ekspor dan pascalarangan ekspor mengakibatkan menumpuknya CPO di tangki penyimpanan di PKS-PKS (Pabrik Kelapa Sawit),” kata dia.

Hal tersebut yang dinilainya membuat harga kelapa sawit anjlok dan petani merugi.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, PM China Ingin CPO dari Indonesia 1 Juta Ton

2. Harga kelapa sawit terpuruk pada Mei 2022

China Impor 1 Juta Ton CPO, Upaya Jokowi Selamatkan Petani Sawitilustrasi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Lebih lanjut, Manurung mengatakan, harga kelapa sawit di Indonesia yang anjlok mulai terjadi pada Mei 2022. Anjloknya harga kelapa sawit itu mencapai 67 persen.

“Memang benar ekspor Indonesia tidak nol sama sekali, kita hanya anjlok sampai 67 persen dari kondisi normal pada Mei 2022," katanya.

Menurutnya, permintaan 1 juta ton CPO dari China itu menambah gairah perputaran stok CPO di Indonesia. Dengan demikian, stok yang melimpah itu pun bisa tersalurkan.

3. China ingin impor CPO dari Indonesia

China Impor 1 Juta Ton CPO, Upaya Jokowi Selamatkan Petani SawitPresiden Jokowi bertemu Perdana Menteri China, Li Keqiang di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Adapun permintaan 1 juta ton CPO itu terjadi ketika Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) China, Li Keqiang, di Villa 5, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/7/202) sore, waktu setempat.

Dalam kesempatan itu, Li Keqiang menyampaikan, China berkomitmen untuk menambah impor minyak kelapa sawit CPO dari Indonesia. Selain itu, Jokowi dan Li Keqiang juga turut membahas pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan, Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang datang ke Beijing setelah perhelatan Olimpiade Beijing 2022.

Fokus utama pertemuan kedua pemimpin adalah meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan,” ucap dia.

Baca Juga: Media Asing soal Jokowi ke China: Indonesia Dalam Posisi Sulit  

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya