Comscore Tracker

Dalih Menpora Tak Permasalahkan GBK Digunakan Relawan Jokowi

Menpora sebut kalau renovasi mulai, tak boleh ada acara

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, sempat melarang acara apapun digelar di Stadion Utama Glora Bung Karno (GBK). Namun, relawan Presiden Joko "Jokowi" Widodo bernama Nusantara Bersatu, pada Sabtu (26/11/2022) menggelar acara di GBK.

Acara tersebut dihadiri ribuan orang. Zainudin memberikan penjelasan mengenai alasan Nusantara Bersatu diizinkan menggelar acara di GBK.

"Jadi, kalau teman-teman memperhatikan apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu, ketika waktu itu ada Blackpink dan lain-lain, saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai (tidak boleh ada kegiatan di GBK)," ujar Amali di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Beda Persepsi Menpora dan Regulasi FIFA Soal Penutupan GBK

1. Kementerian PUPR akan renovasi GBK pada Desember 2022

Dalih Menpora Tak Permasalahkan GBK Digunakan Relawan JokowiStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Amali menerangkan, Kementerian PUPR akan merenovasi Stadion Utama GBK pada Desember 2022. Setelah itu, tidak boleh ada acara di GBK.

"Nah, sampai dengan selesainya event itu, gak boleh digunakan, yang kemarin (acara relawan) kan PU-nya belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu saja, dan GBK berkomunikasi dengan FIFA. FIFA sampaikan pokoknya kalau sudah masuk renovasi, sudah gak boleh lagi," kata dia.

Baca Juga: PDIP Anggap Acara Relawan di GBK Rendahkan Jokowi

2. Relawan gelar acara di GBK, PDIP anggap rendahkan Jokowi

Dalih Menpora Tak Permasalahkan GBK Digunakan Relawan JokowiPresiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Deddy Sitorus, menyayangkan Nusantara Bersatu yang menggelar acara di Stadion Utama Glora Bung Karno (GBK). Menurutnya, acara tersebut bisa merendahkan kewibawaan Presiden Jokowi.

Deddy mengatakan, acara tersebut menggunakan biaya yang tinggi. Padahal, Presiden Jokowi baru saja mendapat pujian dari dunia internasional terkait keberhasilan Presidensi G20.

“Kalau mengaku relawan sejati, harusnya turun ke bawah membantu rakyat, termasuk menangani dampak bencana gempa Cianjur, bukan malah menabrak aturan menggunakan Stadion Utama GBK yang seharusnya terlarang sebagaimana disampaikan oleh Menpora,” ujar Deddy dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

3. Tidak memahami kondisi Cianjur yang sedang berduka

Dalih Menpora Tak Permasalahkan GBK Digunakan Relawan JokowiPolitikus PDIP, Deddy Yevri Sitorus di depan TMP Kalibata (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dia juga menyayangkan acara tersebut. Sebab, warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sedang berduka usai gempa bumi.

“Saat ini bangsa Indonesia masih berduka karena gempa Cianjur, banyak orang yang masih berada di pengungsian dan belum semua korban ditemukan, masa para elite relawan haus kekuasaan itu lebih asyik bicara Pemilu hingga lupa tanggung jawab sejati sebagai relawan,” ucap dia.

Lebih lanjut, Deddy menyampaikan, Menpora juga sudah menginformasikan kalau Stadion Utama GBK tidak boleh digunakan untuk acara seperti itu.

“Kan ada larangan dari Menpora untuk pemakaian GBK hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2023”, kata dia.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Deddy menyebut, Jokowi terpaksa hadir dalam acara yang digagas Nusantara Bersatu itu.

“Saya yakin Pak Jokowi terpaksa datang ke acara itu, bukan kemauan beliau," ungkap Deddy.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya