Denny Sebut 2 Menteri NasDem Bakal Dikasuskan, Mahfud MD: Gak Menarik

Mahfud menyebut tak ada urgensinya

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Denny Indrayana, mengklaim mendapat informasi bahwa ada dua menteri dari NasDem yang akan dikasuskan.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, enggan menanggapi klaim Denny tersebut.

"Gak menarik untuk dibahas kalau saya, gak ada urgensinya," ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Denny Indrayana Minta DPR Mulai Proses Pemakzulan Jokowi

1. Dua menteri dari NasDem itu adalah Menteri LHK dan Menteri Pertanian

Denny Sebut 2 Menteri NasDem Bakal Dikasuskan, Mahfud MD: Gak MenarikDenny Indrayana (dok. ANTARA News)

Denny mengklaim, ada informasi yang diterima tentang adanya upaya intervensi Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang diduga menyasar Partai NasDem.

Denny menyebut, akan ada dua menteri NasDem yang akan dikasuskan setelah mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menjadi tersangka terkait kasus dugaan korupsi.

Mereka adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

"Informasi terakhir, Partai NasDem kembali digoyang dan diserang. Kali ini yang dijadikan sasaran tembak adalah dua menteri kader NasDem lainnya di kabinet. Menteri SYL akan dijeratkan dugaan pidana narkoba, sedangkan Menteri SN dijerat dengan dugaan kasus korupsi," ucap dia dalam keterangannya, Sabtu (3/5/2023).

Baca Juga: Denny Indrayana Klaim 2 Menteri NasDem Dijerat Kasus, Ini Respons PDIP

2. Hukum tidak boleh diskriminatif

Denny Sebut 2 Menteri NasDem Bakal Dikasuskan, Mahfud MD: Gak MenarikIlustrasi hukum. (IDN Times/Mardya Shakti)

Denny Indrayana mengatakan, hukum seharusnya tidak boleh diterapkan diskriminatif, memilih, dan memilah kasus. Dia lantas menyinggung soal upaya 'memukul' lawan oposisi sambil merangkul kawan koalisi.

"Hukum yang tajam ke bawah dan tumpul ke atas, diterapkan tidak adil, akan menjadi penyebab hancurnya suatu bangsa," tutur dia.

"Dalam suatu hadis, Rasulullah Muhammad SAW diriwayatkan marah ketika seorang sahabat mengusulkan pengurangan hukuman kepada anak kepala suku Makhzumiyah. Rasulullah bersabda penyebab binasa dan hancurnya suatu bangsa adalah karena hukum yang diterapkan secara diskriminatif," lanjut Denny.

Baca Juga: Mahfud Blak-blakan Minta Denny Indrayana Bantu Anies Jadi Capres

3. Denny sebut ada upaya memperalat kasus hukum hingga jegal pencalonan Anies

Denny Sebut 2 Menteri NasDem Bakal Dikasuskan, Mahfud MD: Gak MenarikMantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana (dok istimewa)

Denny Indrayana juga menilai cawe-cawe politik yang dilakukan Jokowi adalah untuk memperalat kasus hukum demi kepentingan kekuasaan. Menurutnya, ada upaya membubarkan pihak oposisi yang arah politiknya tidak sejalan dengan Jokowi.

"Sambil menjegal pencalonan Anies Baswedan. Ini sangat berbahaya dan sebagaimana diingatkan Rasulullah, bisa mendorong Indonesia ke jurang kehancuran," imbuh dia.

Baca Juga: Soal Cawe-cawe, Jokowi: Masa Ada Riak Bahayakan Bangsa Saya Diam!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya