Densus 88 Polri Tangkap Terduga Simpatisan ISIS di Yogyakarta

Terduga pelaku diduga berkeinginan melakukan aksi teror

Jakarta, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) Antiteror 88 Polri menangkap seorang berinisial AW di Sleman, Yogyakarta. Karopenmas Divis Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan AW ditangkap pada Minggu (22/1/2023) pagi.

"Keterlibatan AW merupakan simpatisan ISIS yang aktif memposting gambar dan video propaganda ISIS di media sosial," ujar Ramadhan dalam keterangannya.

Baca Juga: Deretan Fakta Densus 88 Polri Tangkap Teroris di Jakarta dan Banten

1. AW diduga berkeinginan melakukan aksi teror

Densus 88 Polri Tangkap Terduga Simpatisan ISIS di YogyakartaIlustrasi. Tim Densus 88 Polri menggerebek rumah kontrakan terduga teroris di Jalan Delima, Kunciran Indah, Tangerang, Banten, Rabu, 16 Mei 2018. Foto oleh Christian Simbolon.

Selain itu, kata Ramadhan, AW juga merap mengunggah seruan provokatif untuk melakukan aksi teror. AW juga diduga berkeinginan melakukan aksi teror.

"Adanya keinginan melakukan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak," kata dia.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Tiga Teroris Jaringan NII dan FPI Condet

2. Densus juga tangkap tiga terduga teroris di Banten dan Jakarta

Densus 88 Polri Tangkap Terduga Simpatisan ISIS di YogyakartaKaropenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris di wilayah Jakarta dan Banten. Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, ketiganya berinisial ARH, AS dan SN.

"Tersangka AS ditangkap di Jakarta Utara," ujar Ramadhan dikutip dari ANTARA, Minggu (22/1/2023).

Kemudian, ARH ditangkap di Jakarta Selatan. Sementara SN, ditangkap di Tangerang Selatan, Banten. "Tersangka ARH dan SN adalah buronan masuk daftar pencarian orang (DPO).

Ramadhan menerangkan, ARH dan SN merupakan DPO tindak pidana teroris pada 2021. "Kedua tersangka ini berasal dari kelompok organisasi yang sudah dibubarkan pemerintah cabang Condet," kata dia.

Baca Juga: ISIS Disebut Mulai Rekrut Anggota Baru dari Asia Tenggara

3. ARH dan SN terlibat dalam perencanaan pembuatan bom

Densus 88 Polri Tangkap Terduga Simpatisan ISIS di YogyakartaIlustrasi - Penangkapan Teroris oleh Densus 88 (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Ramadhan mengatakan , ARH dan SN terlibat dalam perencanaan pembuatan bom dan aksi teror. Namun, rencana itu digagalkan Densus 88 Antiteror Polri.

"Berhasil digagalkan pada tahun 2021," ucap dia.

Lebih lanjut, Ramadhan menjelaskan, AS diketahui terlibat dalam jaringan Negara Islam Indonesia. Pada Jumat (20/1/2023), Densus 88 Antiteror Polri memeriksa rumah AS di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ketua RW 03 Sunter Agung, Tubagus Sidik Jaya Permana, kedatangan Densus 88 berlangsung selama 30 menit. Pemeriksaan rumah juga disaksikan oleh Ketua RT dan RW.

"Saat keluar, tampak satu unit komputer jinjing, alat penyimpanan data (USB), buku rekening tabungan, dan sejumlah berkas juga ikut dibawa dari dalam rumah terduga pelaku. Tidak ada senjata (api)," kata Sidik.

Sidik mengatakan, AS tidak ikut dibawa dalam pemeriksaan rumahnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya