Depan Cak Imin, Gus Yahya Minta Tak Pakai Identitas NU untuk Politik

Cak Imin berkelakar Forum Pemred jangan jadi partai

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hadir dalam acara ulang tahun ke-10 Forum Pemred di Hotel Raffles Jakarta. Sejumlah tokoh hadir dalam acara tersebut, termasuk Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf.

Dalam acara tersebut, Gus Yahya meminta semua pihak untuk tidak membawa nama NU dalam acara berpolitik.

"Kalau boleh menyatakan concern terhadap apa yang akan berlangsung nanti, pertama-tama, saya kira karena kita ingin semuanya terus bersatu, terus harmonis, apapun kompetisi yang akan berlangsung, sekeras apapun, maka kita tentunya sangat berharap bahwa dalam kompetisi nanti jangan sampai ada cara-cara memperalat identitas sebagai senjata," ujar Gus Yahya, Jumat (5/8/2022).

"Jadi, sebuntu apapun para kontestan ini di dalam menonjolkan atau di dalam menghadapi kompetisi yang ada, kita mohon betul supaya jangan menggunakan identitas sebagai senjata, apakah itu identitas etnik, identitas agama, termasuk identitas NU. Saya kira ini harus saya sebut karena NU ini agak kurang beruntung dibanding Muhammadiyah. Muhammadiyah ini bisa bebas mengambil jarak dari kompetisi semacam ini, NU ini mau lari pun dikejar-kejar, jadi tidak kita perlu punya perhatian yang lebih terkait dengan hal ini," sambungnya.

Baca Juga: Beras Bansos Dikubur di Depok, Cak Imin Minta Ada Evaluasi Penyaluran

1. Cak Imin sempat membuka sambutannya sebagai warga NU

Depan Cak Imin, Gus Yahya Minta Tak Pakai Identitas NU untuk PolitikWakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam acara tersebut, Cak Imin sempat membuka sambutannya dengan memperkenalkan diri sebagai warga NU.

"Bapak, ibu sekalian, terus terang saya kesulitan untuk berbicara delapan menit karena orang NU banyak ceramahnya, muter-muternya ke mana, tapi kesimpulannya bagus biasanya, tapi karena ini TOR (kerangka acuan) harus dijalankan," ucap dia.

Baca Juga: Ketum PBNU Dukung Kiai Miftach Mundur dari Ketum MUI, Ini Alasannya

2. Cak Imin berseloroh Forum Pempred jangan sampai jadi Partai Pempred

Depan Cak Imin, Gus Yahya Minta Tak Pakai Identitas NU untuk PolitikWakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Cak Imin dalam sambutannya berseloroh mengenai logo Forum Pemred yang mirip dengan huruf PP. Dia mengatakan, jangan sampai PP tersebut berubah menjadi Partai Pemred.

"Selamat logo barunya, tapi tulisannya jangan menjadi Partai Pemred," ucap dia, tertawa.

3. Jokowi harap pers perangi informasi hoaks

Depan Cak Imin, Gus Yahya Minta Tak Pakai Identitas NU untuk PolitikPresiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir memberikan secara virtual dalam acara ulang tahun ke-10 Forum Pempred. Secara virtual, Jokowi menyampaikan peran pers begitu besar untuk membangun negeri. Menurutnya, pers menjadi pilar keempat demokrasi.

"Dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak pers untuk menjaga hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, menghadirkan pemberitaan yang Berdasarkan karya jurnalistik berkualitas, memerangi hoaks dan fitnah yang dapat memecah belah bangsa," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kemudian menyampaikan selamat ulang tahun ke-10 untuk Forum Pempred.

"Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-10 untuk Forum Pemimpin Redaksi Indonesia, teruslah menunjukkan komitmennya dalam menjaga independensi dan kebebasan pers," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya