Deretan Fasilitas Jemaah Haji yang Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Jemaah akan diberi makan sebanyak 119 kali selama di Saudi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan persiapan keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2022. Kuota haji untuk Indonesia pada tahun ini sebanyak 100.051.

Jumlah tersebut dibagi untuk jemaah haji reguler, haji khusus dan para petugas. Sehingga, jumlah 100.051 kuota itu tidak digunakan semuanya untuk jemaah haji.

“Daftar nama 92.825 jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun ini sudah ada. Saya sudah terbitkan Surat Keputusan dan sejak kemarin sudah diumumkan dan didistribusikan ke Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief dalam keterangannya, Selasa (10/5/2022).

Hilman meminta kepada jemaah yang sudah ditetapkan untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini, agar segera melakukan konfirmasi ke bank tempatnya mendaftar.

Baca Juga: Kemenag Sebut Kriteria Jemaah Haji Reguler yang Berangkat Tahun Ini

1. Layanan jemaah haji saat berada di Indonesia

Deretan Fasilitas Jemaah Haji yang Berangkat ke Tanah Suci Tahun IniIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Hilman menerangkan, jemaah saat masih berada di Indonesia akan menerima sejumlah layanan, mulai dari pemberkasan hingga layanan keberangkatan dan kepulangan di asrama haji.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, mengatakan pihaknya juga saat ini sedang melakukan finalisasi kontrak kerja sama dengan maskapai penerbangan yang akan memberangkatkan dan memulangkan jemaah haji Indonesia.

Saat ini, ada dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. “Proses koordinasi intensif dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, dan Pemerintah Daerah juga terus dilakukan dalam proses persiapan penyelenggaraan haji tahun ini,” ucap Mujab.

Selain itu, Kemenag menjamin asrama haji yang akan ditempati oleh jemaah steril. Di asrama haji, para jemaah akan menginap selama satu hari.

Selama di asrama haji, para jemaah juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, pemberian gelang identitas, paspor, pemberian uang saku dan pemantapan manasik haji.

"Di asrama haji, jemaah sebelum berangkat akan mendapat layanan konsumsi tiga kali makan dan dua kali snack. Saat kembali ke tanah air, jemaah akan mendapat satu kali makanan ringan atau snack," kata Mujab.

Mujab menambahkan, kuota haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M berjumlah 100.051. Jumlah ini terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

"Jemaah haji reguler rencananya akan terbagi dalam 241 kloter dan diperkirakan akan diberangkatkan dalam 236 penerbangan, dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines," ujarnya.

Baca Juga: Cara Cek Daftar Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini

2. Layanan yang akan diterima jemaah haji saat berada di Saudi

Deretan Fasilitas Jemaah Haji yang Berangkat ke Tanah Suci Tahun IniIlustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag, Subhan Cholid, menerangkan jemaah juga akan mendapat fasilitas ketika berada di Arab Saudi. Mulai dari layanan akomodasi saat berada di hotel Makkah dan Madinah. Bus salawat juga akan disediakan sebagai transportasi para jemaah.

"Di Makkah, hotel jemaah rencananya dibagi dalam lima wilayah: Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal & Misfalah. Penempatan jemaah haji di Makkah dilakukan dengan sistem zonasi berdasarkan asal embarkasi sesuai Keputusan Dirjen PHU Nomor 140 Tahun 2022,” ucap Subhan.

"Di Madinah, hotel jemaah ada di wilayah Markaziyah atau kawasan terdekat dari Masjid Nabawi. Hotel jemaah dibagi dalam tiga wilayah: Syimaliyah, Janubiyah, dan Gharbiyah," sambungnya.

Jemaah juga akan diberi air mineral 1 liter kemasan botol untuk masing-masing orang. Selain itu, ada handuk, selimut, peralatan mandi, mesin cuci, pergantian sprei dan saung bantal. Pihak hotel juga akan menyediakan air zamzam dalam kemasan galon.

"Pihak hotel juga harus siapkan petugas angkut koper sampai kamar jemaah, petugas kebersihan, dan petugas keamanan," katanya.

3. Jemaah akan diberikan layanan makan sebanyak 119 kali selama di Saudi

Deretan Fasilitas Jemaah Haji yang Berangkat ke Tanah Suci Tahun IniJembatan Jemarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Lebih lanjut, Subhan menerangkan, jemaah juga akan diberikan layanan makan maksimal 119 kali selama di Saudi. Jumlah tersebut terdiri dari 75 kali layanan konsumsi di Makkah, 27 kali di Madinah, 16 kali di Arafah-Mina-Muzdalifah atau Armuzna (termasuk 1 paket snack Muzdalifah), dan satu kali makan di bandara Jeddah (saat kedatangan/ kepulangan).

"Jemaah juga akan mendapatkan paket kelengkapan konsumsi selama di Makkah, Madinah dan Armuzna berupa kopi, teh, gula, saus sambal, kecap, sendok, dan gelas kaca," ujarnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya