Di HUT ke-77 TNI, Jokowi Singgung Krisis Dunia hingga Perang Rusia

Presiden Jokowi jadi inspektur upacara di HUT TNI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pidatonya, Jokowi menyinggung dunia saat ini sedang mengalami krisis.

"Situasi dunia sedang menghadapi tantangan yang sangat berat, sangat berat. Setelah pandemik COVID-19 mereda, dunia saat ini diterpa krisis pangan, krisis energi, dan krisis finansial," ujar Jokowi, Rabu (5/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung mengenai perang Rusia dan Ukraina yang semakin memperparah krisis.

"Situasi ekonomi dunia dipenuhi dengan ketidakpastian dan geopolitik dunia yang semakin memanas. Dalam menghadapi situasi itu, kita bangsa Indonesia harus terus hati-hati dan waspada," katanya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta TNI untuk terus menjaga kedaulatan bangsa dan negara di tengah krisis dunia. Menurutnya, TNI merupakan institusi yang berada di garda terdepan dalam menghadapi setiap tantangan bangsa.

"Tanggung jawab kita bukan hanya menangani krisis di dalam negeri kita sendiri," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta kepada TNI dan Polri untuk terus bersinergi dengan baik. TNI dan Polri juga diminta untuk menyukseskan agenda Presidensi G20, pada November 2022 di Bali.

"Indonesia juga dipercaya sebagai anggota Champion Group Global Crisis Respond (cek) dan tahun depan Indonesia akan menjadi ketua ASEAN," ujar dia.

"Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia, bahwa kepimpinan Indonesia di G20 bisa menghasilkan aksi dan solusi yang konkret, agar krisis dunia tidak berlanjut dan membangun dunia yang lebih mampu menghadapi tantangan-tantangan ke depan," imbuhnya.

Baca Juga: Peringatan HUT ke-77 TNI Dimulai, Jokowi Jadi Inspektur Upacara

Topik:

  • Rendra Saputra
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya