Disuruh Pulang ke Indonesia oleh Jokowi, Begini Respons Ainun Najib

Jokowi minta talenta top teknologi pulang ke Tanah Air

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dipertemukan secara virtual dengan Ainun Najib dalam acara peresmian Sea Labs Indonesia. Acara tersebut ditayangkan secara virtual melalui YouTube Shopee Indonesia.

Dalam acara tersebut, Ainun hadir sebagai Head of Analytic Platform and Regional Business Grab Singapura. Selain itu, ada tiga talenta top Indonesia lain dalam bidang teknologi yang bekerja di luar negeri turut hadir.

Mereka adalah Director of Engineering Asana (Amerika Serikat) Veni Johana, Nusapati Software Engineer Google (Inggris) Chairuni Aulia, dan Technology Lead SeaMonye (Singapura) Rangga Garmastewira.

"Saya mau tanya gimana sih agar Chairuni, Rangga, Veni, dan Ainun mau pulang ke Indonesia?" tanya Jokowi, Selasa (3/1/2022).

Baca Juga: Jelajah Lanskap Digital Melalui Literasi Digital Netizen Fair

1. Respons Ainun

Ainun kemudian menjawab pertanyaan Jokowi. Dia mengatakan, kunci utamanya ada dua hal yang harus diperbaiki Indonesia.

"Kuncinya dua mawon Pak, opportunity dan stability. Opportunity ini tentunya Indonesia punya banyak sekali opportunity sebagai satu pemain besar di market, pemain ketiga di dunia, stability yang mungkin agak trigy," kata Ainun.

"Ada yang mungkin keluarga, pertimbangan karier. Saya pribadi pertimbangan anak-anak, tidak mau kalah dengan putra-putri panjenangan yang sekolah di Singapura. Jadi stability yang mungkin masih perlu diperbaiki di Indonesia," sambungnya.

Baca Juga: Sea Labs Indonesia akan Rekrut 1.000 Talenta Digital, Jokowi Semringah

2. Meski kerja di luar negeri, WNI masih bisa berkontribusi untuk Indonesia

Disuruh Pulang ke Indonesia oleh Jokowi, Begini Respons Ainun NajibPresiden Jokowi berdialog dengan Ainun Najib dalam acara peresmian Sea Labs Indonesia (youtube.com/SHOPEE Indonesia)

Ainun mengatakan, meski bekerja di luar negeri warga Indonesia masih bisa berkontribusi untuk negara. Menurutnya, ada tiga peran yang bisa dilakukan WNI yang berada di luar negeri.

"Menjadi benchmark buat teman-teman di Indonesia, terutama yang lebih muda. Kedua, advokasi, jadi bisa memberikan advice dari jauh untuk teman-teman yang di Indonesia. Ketiga, eksekusi. Nah eksekusi juga bisa dari jauh Pak, kami juga sering melakukan inisiatif-inisiatif yang dilakukan teman-teman diaspora," katanya.

Lebih lanjut, Ainun menyampaikan rasa optimisnya terhadap perkembangan talenta yang dimiliki Indonesia, khususnya dalam bidang teknologi. Karena, kata dia, Indonesia merupakan bangsa yang besar.

3. Potensi dunia digital RI lebih dari Rp4 ribu triliun, Jokowi minta para talenta top pulang ke Tanah Air

Jokowi kemudian menyampaikan potensi dunia digital di Indonesia lebih dari Rp4 ribu triliun pada 2030. Jokowi berharap, para talenta top Indonesia di bidang teknologi informasi bisa pulang ke Tanah Air.

"Ya ini potensi-potensi digital Indonesia di 2030 diperkirakan mencapai Rp4.531 triliun, kan gede sekali ini dan perkiraan hitung-hitungan itu saya rasa tidak meleset jauh-jauh lah. Jadi harapan saya pulang semua aja lah, pulang, di sini kan juga sudah banyak sekarang, ada opportunity, perusahaan-perusahaan gede semua ada di sini, saya rasa itu, terima kasih," imbuh Jokowi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya