Ditemani Puan, Jokowi Temui Ketua DPR Korsel di Pangkalan TNI AU

Indonesia harap hubungan perdagangan bisa ditingkatkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertemu dengan Ketua Majelis Nasional (DPR) Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pertemuan itu berlangsung pada Rabu (18/1/2023).

Dalam pertemuan itu, Jokowi ditemani Ketua DPR RI Puan Maharani. Pertemuan itu membahas mengenai hubungan kerja sama kedua negara yang telah berlangsung selama 50 tahun.

"Dalam pertemuan tersebut kami berbicara bagaimana hubungan baik antara Korea dengan Indonesia yang sudah terlaksana atau berlangsung selama 50 tahun. Ini momentumnya di tahun 2023 ini agar bisa meningkatkan, mengeratkan hubungan antara Indonesia dan Korea,” ujar Puan dalam keterangannya.

Baca Juga: Korea Selatan dan AS Latihan Tempur di Perbatasan Korea Utara 

1. Puan harap kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea Selatan meningkat

Ditemani Puan, Jokowi Temui Ketua DPR Korsel di Pangkalan TNI AUPresiden Jokowi bertemu dengan Ketua Majelis Nasional (DPR) Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Puan berharap kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea Selatan dapat meningkat. Terlebih, kedua negara telah sepakat melakukan Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) pada 1 Januari 2023.

“Sejak 1 Januari yang lalu sudah berlaku IK-CEPA sehingga memang hubungan kerja sama perdagangan Indonesia dan Korea diharapkan lebih bisa meningkat dan membaik di tahun-tahun yang ke depan,” ucap dia.

Baca Juga: Iriana Jokowi Ajak Ibu Negara Korsel Lihat Kain Tenun Endek Bali 

2. Indonesia harap kedamaian semenanjung Korea bisa terjaga

Ditemani Puan, Jokowi Temui Ketua DPR Korsel di Pangkalan TNI AUPresiden Jokowi bertemu dengan Ketua Majelis Nasional (DPR) Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Puan mengatakan, Indonesia berharap kedamaian di semenanjung Korea bisa terjaga. Puan menerangkan, dalam pertemuan itu, Jokowi juga meminta Korea Selatan memberikan dukungan kepada Indonesia yang menjadi Ketua ASEAN.

“Permintaan dari Bapak Presiden Jokowi kepada Ketua DPR Korea dan pemerintah Korea untuk mendukung keketuaan atau presidensi keketuaan KTT ASEAN saat ini dipegang oleh Indonesia atau Presiden Jokowi,” kata dia.

3. Usai pertemuan, Jokowi lansung terbang ke Sulawesi Utara

Ditemani Puan, Jokowi Temui Ketua DPR Korsel di Pangkalan TNI AUPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Setelah pertemuan dengan Ketua DPR Korea Selatan, Presiden Jokowi langsung terbang ke Sulawesi Utara. Jokowi dan rombongan berangkat melalui Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 18.30 WIB.

Di Sulawesi Utara, Jokowi diagendakan meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. Selain itu, Jokowi juga akan mengunjungi sejumlah pasar.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya