DPR Janji Kawal Kasus Kalimantan Tempat Jin Buang Anak Edy Mulyadi

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran Khairul Saleh berjanji pihaknya akan kawal kasus pernyataan Edy Mulyadi yang menyebut Kalimantan sebagai tempat jin buang anak. Saat ini, kasus tersebut sedang diproses di Bareskrim Polri.

"Saya sudah berkomunikasi dengan pimpinan Bareskrim Polri bahwa kasus Edy Mulyadi sudah memenuhi unsur dan masuk ke ranah penyidikan dan Jumat (28/1) akan dipanggil. Komisi III DPR akan mengawal permintaan saudara-saudara kami dari Kalimantan," ujar Pangeran saat menerima a audiensi Aliansi Borneo Bersatu di Kompleks Parlemen, Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Kasus Edy Mulyadi Hina IKN Tempat Jin Buang Anak Naik ke Penyidikan

1. Pernyataan Edy menyakiti warga Kalimantan

DPR Janji Kawal Kasus Kalimantan Tempat Jin Buang Anak Edy MulyadiEdy Mulyadi (kaos kuning) (youtube.com/Bang Edy Channel)

Pangeran menyebut, pernyataan Edy Mulyadi itu sangat menyakiti hati warga Kalimantan. Oleh karenanya, dia meminta Bareskrim Polri memproses kasus ini sampai tuntas.

"Perwakilan DPR Daerah Pemilihan Kalimantan akan meminta Bareskrim untuk datang menjelaskan sejauh mana kasus ini diproses," katanya.

Baca Juga: Bareskrim Periksa Edy Mulyadi soal Dugaan Ujaran Kebencian Besok

2. Edy Mulyadi minta maaf soal ucapannya

DPR Janji Kawal Kasus Kalimantan Tempat Jin Buang Anak Edy MulyadiEdy Mulyadi (kaos kuning) (youtube.com/Bang Edy Channel)

Sebelumnya, Edy Mulyadi meminta maaf terkait pernyataannya yang menyebut Kalimantan sebagai tempat jin buang anak. Pernyataannya itu karena tidak setuju IKN pindahkan ke Kalimantan Timur.

Menurut dia, tempat jin buang anak sebagai istilah untuk menggambarkan tempat yang jauh.

"Di Jakarta, tempat jin buang anak itu untuk menggambarkan tempat yang jauh, jangankan Kalimantan, istilah kita mohon maaf ya, Monas itu dulu tempat jin buang anak, BSD, Balai Serpong Damai itu tahun '80-90-an itu tempat jin buang anak, jadi istilah biasa," ujar Edy di akun YouTube Bang Edy Channel seperti dikutip IDN Times, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Edy Mulyadi Minta Maaf setelah Sebut Kalimantan Tempat Jin Buang Anak

3. Edy sebut ada yang memainkan isu soal pernyataannya

DPR Janji Kawal Kasus Kalimantan Tempat Jin Buang Anak Edy MulyadiYoutube

Dalam kesempatan itu, Edy menyebut ada pihak yang ingin memainkan isu soal pernyataannya: Kalimantan sebagai tempat jin buang anak. Dia kemudian meminta maaf.

"Saya gak tahu dengan motif apa segala macam ada yang berusaha memainkan isu ini, tapi meski demikian saya ingin sampaikan bahwa saya minta maaf itu benar-benar bukan masalah, saya akan minta maaf, itu mau dianggap salah atau tidak salah, saya minta maaf," kata Edy Mulyadi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya