Comscore Tracker

Dunia Sedang Menghadapi Krisis, Jokowi: Eling Lan Waspodo

"Krisis demi krisis masih menghantui dunia."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali mengingatkan bahwa dunia kini sedang menghadapi krisis. Hal yang sama disampaikan Jokowi saat berpidato di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI, Selasa (16/8/2022).

"Saya tegaskan kembali bahwa kita harus selalu waspada, hati-hati, dan siaga. Krisis demi krisis masih menghantui dunia. Geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan," ujar Jokowi. "Kita harus selalu 'Eling lan Waspodo', harus ingat dan waspada. Kita harus selalu cermat dalam bertindak. Kita harus selalu hati-hati dalam melangkah,".

Jokowi mengingatkan agenda besar yang sudah dirancang oleh pemerintah harus terus berlanjut. Dia kemudian mengajak semua komponen bangsa untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi bersyukur Indonesia mampu bertahan di tengah situasi pandemik. Menurutnya, Indonesia berhasil dalam menghadapi pandemik COVID-19.

"Indonesia termasuk yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, pemerintah bisa mengendalikan inflasi. Menurutnya, inflasi Indonesia berada di 4,9 persen.

"Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen.

Baca Juga: Jokowi: Produsen Mobil Listrik Dunia Siap Berinvestasi di Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya