Comscore Tracker

Empat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel Direndam Banjir

Terjadi banjir susulan di tiga kecamatan

Jakarta, IDN Times - Empat kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel) terendam banjir pada Sabtu, 27 November 2021. Empat kecamatan yang terendam banjir itu yakni Brabai, Haruyan, Hantakan, dan Batang Alai.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengatakan ketinggian banjir di empat kecamatan itu sekitar 40-50 cm.

"Kabupaten Hulu Sungai Tengah telah melakukan upaya penanganan banjir dengan mendirikan pos komando (posko) di Stadion Mandingin, sehingga diharapkan respons darurat berlangsung efektif," ujar Muhari dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga: Banjir Bandang di Garut Diduga Akibat Gundulnya Kawasan Hutan

1. BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah masih bersiaga

Empat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel Direndam BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Muhari menerangkan, petugas BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah saat ini masih bersiaga apabila banjir susulan terjadi. Berdasarkan laporan petugas lapangan, ada sejumlah warga yang kini sudah kembali ke rumah.

"Kondisi mutakhir saat ini cuaca di wilayah terdampak masih diguyur hujan dengan intensitas sedang, dan terjadi banjir susulan di tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Haruyan, Hantakan, dan Batang Alai," ucapnya.

Baca Juga: Empat Kecamatan di Bima NTB Terendam Banjir, Kini Air Sudah Surut

2. Banjir di Blora sudah surut

Empat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel Direndam BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, Muhari menyampaikan, banjir yang sempat melanda di Blora pada Sabtu, 27 November 2021 kini sudah surut. Banjir di Blora akibat hujan deras yang mengakibatkan debit air Sungai Putat dan Gareng meluap.

"Dua kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Desa Balun, Cepu, Ngelo dan Karangboyo di Kecamatan Cepu, sedangkan Desa Sumber di Kecamatan Kradenan," katanya.

3. Sebanyak 346 rumah di Blora sempat terendam banjir

Empat Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalsel Direndam BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Muhari menerangkan, ada 346 rumah di Blora sempat terendam banjir. Pada Sabtu kemarin, ketinggian banjir sekitar 20-40 cm.

"BNPB terus mengimbau masyarakat dan perangkat daerah untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi," ucapnya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya