FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Top Dunia

Hanya 6 persen sekolah ekonomi di dunia yang dapat AACSB

Jakarta, IDN Times - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), meraih akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB). Akreditasi itu dianggap sebagai penilaian bergengsi di dunia untuk sekolah bisinis.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, mengatakan dari 13 ribu sekolah bisnis yang ada di dunia, baru 6 persen yang telah mendapat pengesahan AACSB.

“UI merasakan manfaat keikutsertaan FEB UI sebagai duta UI dalam akreditasi tingkat internasional ini, dengan diterapkannya berbagai proses perbaikan dan peningkatan, inovasi, kerjasama, serta kontribusi pada masyarakat, sebagai bagian yang dituntut oleh akreditasi AACSB," ujar Ari dalam keterangannya, Selasa (1/11/2022).

Baca Juga: LPEM FEB UI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2022 Bisa 4,9-5,1 Persen

1. Rektor harap raihan ini dapat dongkrak ranking UI di dunia

FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Top DuniaFEB UI meraih akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) (dok. FEB UI)

Dalam kesempatan itu, Ari berharap raihan ini dapat mendongrak ranking UI di dunia. Hal itu dirasa penting, karena UI diharapkan juga dapat meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

"Sehingga dapat menaikkan pendidikan Indonesia di kancah dunia,” ucap dia.

Dekan FEB UI Teguh Dartanto, mengatakan akreditasi AACSB internasional ini didapat melalui rangkaian panjang. Dia menjelaskan, ada 15 standar yang dinilai dalam proses akreditasi.

Dia menjelaskan, beberapa kriteria penilaian seperti visi misi FEB UI, strategi pengelolaan pendidikan, pengembangan dosen, dan lain-lain.

“Ada 12 program studi yang kami ikutkan dalam proses akreditasi ini sehingga menjadikan FEB UI sebagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memperoleh akreditasi terbesar (dalam arti jumlah) se-Indonesia sejauh ini,” kata Teguh.

Baca Juga: Iluni FEB UI Gelar Ultra Marathon 18-19 April, Total Hadiah Rp150 Juta

2. Akreditasi dari AACSB dongkrak semangat menuju 72 tahun FEB UI

FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Top DuniaFEB UI meraih akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) (dok. FEB UI)

Teguh mengatakan, akreditasi dari AACSB ini dapat mendongkrak semangat menuju 72 tahun FEB UI. Menurutnya, FEB UI selama ini senantiasa memberikan kontribusi bagi bangsa.

“Pengakuan internasional ini membuat kami lebih bersemangat memasuki usia ke 72 tahun dan akan terus menjalankan misi kami untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis, serta menyiapkan pemimpin yang inklusif, relevan dan bereputasi, yang memiliki tanggung jawab sosial serta mampu menghadapi tantangan global,” ucap dia.

3. AACSB sampaikan selamat kepada FEB UI

FEB UI Raih Akreditasi AACSB, Penilaian Top DuniaFEB UI meraih akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) (dok. FEB UI)

Dalam acara itu, Executive Vice President AACSB International, Dr Geoff Perry, menyampaikan selamat atas raihan FEB UI. Dia berharap, kualitas FEB UI terus ditingkatkan.

“Kami mengucapkan selamat kepada Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang telah memperoleh akreditasi AACSB dan memberikan apresiasi kepada Dekan Teguh Dartanto dan seluruh tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis atas peran mereka dalam meraih penghargaan yang terhormat ini,” kata Geoff.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya