Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP 

"Wong saya partainya PDI Perjuangan."

Jakarta, IDN Times - Politikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, diusulkan menjadi salah satu calon presiden (capres) pada pemilu 2024 dalam rapat kerja nasional (rakernas) Partai NasDem. Sekjen PDIP Perjuangannya, Hasto Kristiyanto, pun angkat bicara. 

"Bagi PDI Perjuangan, ya tentu saja kita tidak campur tangan rumah tangga partai lain, hanya saja kami punya prinsip bahwa menjadi partai politik itu punya tugas untuk menyiapkan kader-kader pemimpin yang digembleng dari anggota partai," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Diusulkan Jadi Capres NasDem, Ganjar: Saya PDI Perjuangan

1. Hasto sebut Ganjar tegak lurus ke PDIP

Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kritiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengatakan Ganjar sudah buka suara. Menurutnya, Ganjar tegak lurus kepada PDI Perjuangan.

"Tadi Pak Ganjar udah ditanya wartawan dan Pak Ganjar menegaskan 'Saya adalah PDI Perjuangan', tegak lurus pada disiplin partai dan terkait dengan calon presiden dan wakil presiden itu kewenangan Ibu Ketua Umum," ucapnya.

Baca Juga: Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung Diusulkan Jadi Capres

2. Respons ganjar

Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP Politikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Ganjar juga sudah buka suara. Ganjar pun merasa terhormat dengan adanya usulan tersebut.

"Saya terima kasih mendapatkan kehormatan itu, tapi saya PDi Perjuangan," ujar Ganjar di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Ganjar juga enggan berkomentar terkait elektabilitasnya tinggi sebagai calon presiden 2024 dari hasil sejumlah lembaga survei. "Survei opo," katanya.

Tak hanya itu, politikus PDI Perjuangan itu juga enggan berkomentar bila nantinya ada partai politik lain yang ingin melamarnya menjadi capres 2024. Dia kembali menegaskan, saat ini partainya PDI Perjuangan.

"Opo lamaran, lamaran. Memang mau nikah. Wong saya partainya PDI Perjuangan, ini di markas PDI Perjuangan," ucapnya.

3. Rakernas NasDem: Ganjar, Anies hingga Dudung diusulkan jadi capres

Ganjar Diusulkan Jadi Capres NasDem, Begini Respons PDIP Politikus Nasional Demokrat, Willy Aditya (kiri) sedang menjelaskan rangkaian acara rakernas Partai NasDem pada Senin, 13 Juni 2022 di NasDem Tower. (IDN Times/Santi Dewi)

Rakernas NasDem dimulai dengan agenda sidang mendengarkan aspirasi capres dari seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang tersebar di 34 provinsi.

Berdasarkan usulan DPW, yang dimulai dari provinsi Indonesia bagian timur, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, masuk.

Sedangkan usulan capres yang berasal dari internal partai muncul nama Ahmad Sahroni, Surya Paloh, Prananda Surya Paloh, Rachmat Gobel, hingga Syahrul Yasin Limpo.

Hingga berita ini ditulis, rapat masih berlangsung. Rakernas NasDem sendiri digelar pada 15 hingga 17 Juni 2022, untuk menjaring nama capres yang akan diusung NasDem.

Baca Juga: Banyak DPW Nasdem Usulkan Anies Jadi Capres, Surya Paloh: Belum Tentu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya