Hadi Tjahjanto: Dulu Panglima TNI, Kini Jadi Menteri Jokowi

Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/BPN

Jakarta, IDN Times - Mantan Panglima TNI, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto resmi menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Usai pelantikan, Hadi menyampaikan target utama yang diberikan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mengurus konflik agraria di Indonesia.

"Seperti yang tadi disampaikan Bapak Presiden, bahwa tugas saya yang pertama adalah menyelesaikan masalah sertifikat milik rakyat yang sampai saat ini sudah terealisasi sebanyak 81 juta, target yang ingin kita capai sebanyak 126 juta sertifikat," ujar Hadi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Hadi pun bertekad untuk menyelesaikan tugas utama dari Jokowi itu dengan baik. Sehingga, segera terealisasi sertifikat milik rakyat yang kini masih dalam sengketa.

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Zulhas dan Hadi Jadi Menteri Kabinet Indonesia Maju

1. Sengketa tanah akan segera diselesaikan Hadi

Hadi Tjahjanto: Dulu Panglima TNI, Kini Jadi Menteri JokowiPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai menerima penghargaan dari Presiden Singapura Halimah Yacob (Dokumentasi Puspen TNI)

Dalam kesempatan itu, Hadi juga bertekad untuk menyelesaikan masalah sengketa tanah yang terjadi di masyarakat. Dia menduga, sengketa tanah yang terjadi saat ini karena  tumpang tindih antara milik institusi satu dengan lainnya.

"Bahwa sengketa tanah itu juga akan saya selesaikan. Sengketa tanah itu kemungkinan overlapping antara milik institusi atau milik satuan lain dengan milik rakyat. Ini yang akan kita selesaikan," katanya.

Tak hanya itu, bila terjadi masalah saat melakukan pembebasan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Hadi akan turun tangan.

Baca Juga: [BREAKING] Jelang Reshuffle, Jokowi Makan Siang Bareng Ketum Parpol Koalisi

2. Usai pelantikan, Hadi langsung ratas dengan Jokowi

Hadi Tjahjanto: Dulu Panglima TNI, Kini Jadi Menteri JokowiANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Usai pelantikan, Hadi langsung rapat terbatas (ratas) dengan Jokowi. Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni yang juga baru dilantik hari ini mengatakan, ada sejumlah priortas yang diberikan oleh Jokowi kepadanya dan juga Hadi.

"Jadi, Pak Hadi adalah komandan kita. Saya bagian prajurit di BPN yang nanti bersama teman-teman di lapangan akan bekerja keras mewujudkan visi misi Pak Jokowi, terutama reforma agraria," ucapnya.

3. Dua menteri dan tiga wakil menteri dilantik hari ini

Hadi Tjahjanto: Dulu Panglima TNI, Kini Jadi Menteri JokowiPolitikus PSI Raja Juli Antoni tiba di Istana Kepresidenan akan dilantik jadi Wamen ATR/BPN (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Diketahui, ada dua menteri dan tiga wakil menteri yang dilantik masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Selain Hadi, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zuklkifli Hasan juga dilantik sebagai Menteri Perdagangan. Zulkifli dilantik sebagai Menteri Perdagangan.

Sementara, tiga wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini, yakni kepada Afriansyah Noor yang sebagai Wakil Menaker, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN dan John Wempi Watimpo sebagai Wamendagri.

Baca Juga: Bakal Jadi Menteri ATR, Ini Profil Eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya