Hadir di KIB, Projo Ditanya Pendapat soal Capres-Cawapres 2024

Projo diundang langsung oleh Ketum Golkar Airlangga

Jakarta, IDN Times - Ormas relawan pendukung Presiden Jokowi, Projo, pekan kemarin diundang dalam acara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ada tiga partai dalam koalisi tersebut yakni Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi, menceritakan awal mula Projo bisa diundang ke acara KIB. Dia mengatakan, Projo kerap melakukan komunikasi terkait masalah kebangsaan dan kerakyatan dengan semua elemen bangsa, salah satunya dengan partai politik.

"Kami kan bersahabat, berkomunikasi dengan seluruh elemen bangsa, termasuk partai politik, dalam hal ini Golkar, PAN dan PPP dan kami kebetulan secara pribadi berkomunikasi secara intensif dengan Ketua Umum Golkar, teman-teman Golkar yang lain seperti kolega saya Menpora, kemudian Pak Agus Gumiwang, Mba Nurul Arifin, banyak lah teman saya di Golkar dan sering bertukar pikiran banyak hal," ujar Budi Arie dalam acara Ngobrol Seru By IDN Times, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: Komen Projo soal Jokowi 3 Periode: Kita Harus Siap-siap, Jangan Kaget

1. Diundang langsung oleh Airlangga

Hadir di KIB, Projo Ditanya Pendapat soal Capres-Cawapres 2024Dokumen Istimewa

Karena komunikasi yang terjalin intensif itu, kata Budi, Projo diundang dalam acara KIB. Dia mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengundang Projo secara langsung untuk hadir.

"Ya Pak Airlangga, Golkar, dan Mba Nurul (yang mengundang)," ucapnya.

Budi mengatakan, dalam acara tersebut belum ada pembicaraan soal calon presiden (capres) 2024. Namun, dalam pertemuan itu Projo ditanya pendapatnya terkait capres-cawapres 2024.

"Saya ditanya bagaimana soal capres dan cawapres, itu saya ikut arahan Pak Jokowi, kalau Projo sih. Kita ora kesusu. Begitu," katanya.

 

Baca Juga: Projo Bakal Tunduk Pada Jokowi soal Capres 2024

2. Jokowi tak masalah Projo hadir di acara KIB

Hadir di KIB, Projo Ditanya Pendapat soal Capres-Cawapres 2024Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi (Facebook/Budi Arie Setiadi)

Lebih lanjut, Budi yang juga menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini menegaskan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak masalah Projo hadir dalam acara KIB. Budi menerangkan, Projo izin terlebih dahulu kepada Jokowi sebelum hadir di acara KIB.

Jokowi pun mempersilakan Projo untuk hadir. Dia kemudian memuji manuver politik yang dilakukan KIB.

"Ya lanjutkan saja, koalisi atau kerja sama politik dari semua komponen bangsa termasuk partai politik yang memiliki hak konstitusi mencalonkan capres dan cawapres kan bagus-bagus saja, dan ini hemat kami manuver KIB ini politik yang cerdas, begitu," ujarnya.

3. Masih setiakah Projo pada Jokowi?

Hadir di KIB, Projo Ditanya Pendapat soal Capres-Cawapres 2024Ketua Projo Budi Arie Setiadi (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Dalam kesempatan itu, Budi menegaskan, Projo tetap setia pada Jokowi hingga 2024. Oleh karenanya, Projo tetap satu suara dengan arahan Jokowi terkait capres 2024.

"Ya gak mungkin dong (tidak setia), kita tegak lurus, tunduk pada perintah Pak Jokowi. Kan Pak Jokowi juga Ketua Dewan Projo," ucapnya.

Selain itu, Budi juga menampik adanya usulan nama Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung KIB.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya