Comscore Tracker

Hari Ini Rabu Pon, Jokowi Lantik Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo?

Sudah 40 hari Tjahjo wafat, Jokowi belum umumkan pengganti

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum mengumumkan siapa pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Hari ini, merupakan Rabu Pon berdasarkan penanggalan Jawa. Jokowi punya kebiasaan unik melantik menterinya setiap Rabu Pon. Lalu, apakah ada pelantikan Menpan-RB untuk menggantikan Tjahjo?

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan hari ini tak ada agenda pelantikan menteri. "Belum ada (agenda pelantikan)," ujar Heru kepada IDN Times, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Tak Bisa Diganggu, Kursi Kosong Menteri PAN-RB Jatah PDI Perjuangan!

1. Jokowi ada agenda internal di Istana Kepresidenan Bogor

Hari Ini Rabu Pon, Jokowi Lantik Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo?Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Heru menjelaskan, Jokowi hari ini ada agenda internal di Istana Kepresidenan Bogor. Namun, dia tak menjelaskan agenda apa yang dimaksud.

"(Presiden) di Bogor seharian," ucap dia.

Baca Juga: PDIP Usulkan Calon Menpan-RB ke Jokowi Usai 40 Hari Kematian Tjahjo

2. Kursi kosong Menpan-RB jatah PDI Perjuangan

Hari Ini Rabu Pon, Jokowi Lantik Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo?dok. KPU

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengatakan kursi Menpan-RB akan tetap diberikan kepada PDI Perjuangan. Sebab, Tjahjo merupakan kader PDIP.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo tentunya ini keputusan bersama, karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif, mendapatkan masukan dari PDI-Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022).

"Nah, kemarin Ibu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putrinya Ibu Puan, sehingga waktunya dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada," sambungnya.

Meski demikian, Pramono enggan menjelaskan siapa nama yang akan menjadi Menpan-RB. Menurutnya, nama tersebut akan disampaikan Jokowi.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi udah nanti akan dibahas presiden dan Ibu Mega," kata dia.

3. Jokowi selalu sampaikan ke ketua umum partai koalisi sebelum adanya reshuffle

Hari Ini Rabu Pon, Jokowi Lantik Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo?

Pramono mengatakan, Jokowi biasanya akan menyampaikan kepada ketua umum partai politik koalisi, apabila hendak melakukan reshuffle kabinet. Tujuannya, untuk meminta masukan.

Nantinya, nama yang akan menggantikan Tjahjo akan dilantik  Jokowi sebagai Menpan-RB. Pramono juga masih enggan menyebutkan kapan waktu pelantikan tersebut.

"Tentu tergantung kesepakatan yang ada. Mudah-mudahan gak terlalu lama," ujar dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya