Hasto Ajak Kader PDIP Bela Jokowi Bila Ada Tuduhan Pemilu 2024 Curang 

SBY menyebut bakal ada kecurangan Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyindir ada seorang pemimpin yang sibuk bicara kecurangan pemilu. Hal itu disampaikan Hasto dalam acara Pendidikan Kader Pratama (PKP) di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Kalau pemimpin bicaranya ini terjadi kecurangan pemilu, ini ada kecurangan pemilu, padahal pemilunya saja belum berjalan. Tapi akhirnya sudah dijawab beliau sendiri, karena beliau mengatakan yang sering melakukan kecurangan pemilu, dahulunya melakukan kecurangan," ujar Hasto, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: SBY Turun Gunung demi Pemilu 2024, PDIP: Sudah Lama dan Berulang Kali!

1. Hasto ajak kader PDIP membela bila ada tuduhan kecurangan pemilu diarahkan ke Jokowi

Hasto Ajak Kader PDIP Bela Jokowi Bila Ada Tuduhan Pemilu 2024 Curang Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kritiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto mengajak kader PDI Perjuangan untuk membela bila ada tuduhan kecurangan pemilu diarahkan kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Hasto kemudian menyebut, pihak yang menuduh akan ada kecurangan di Pemilu 2024 adalah Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi, meskipun saat ini ada yang mengatakan pemilu curang, kita diam, tetapi ketika itu ditujukan kepada Pak Jokowi yang tugasnya saat ini berat, kita membela Pak Jokowi saudara sekalian. Nah itu, cuma jangan emosi," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Hasto membawa pesan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, agar seluruh kader terus membantu masyarakat.

"Tadi pagi saya melaporkan ke Ibu Ketua Umum, dan beliau berpesan sebagai partai, kita tidak pernah tidur. Sebagai partai kita terus mencermati dinamika rakyat, sebagai partai kita diajarkan konteks sosial dan politik, bahkan dinamika politik internasional harus kita cermati terus menerus. Agar partai tetap mampu memberikan arah bagi perjalanan bangsa dan negara ke depan,” ucap dia.

2. SBY sebut harus turun gunung demi hadapi Pemilu 2024

Hasto Ajak Kader PDIP Bela Jokowi Bila Ada Tuduhan Pemilu 2024 Curang Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (Twitter.com/S. B. Yudhoyono)

Sebelumnya, SBY (SBY) mengatakan dirinya harus turun gunung demi menghadapi Pemilu 2024. Sebab, dia menduga akan ada kecurangan di Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan SBY saat Rapimnas Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), pada Jumat (16/9/2022). Pernyataan SBY itu kemudian diunggah Instagram @pdemokrat.sumut.

"Para kader mengapa saya harus turun gunung menghadapai Pemilu 2024 mendatang? Saya mendengar, mengetahui, bahwa ada tanda-tanda Pemilu 2024 bisa tidak jujur dan tidak adil. Konon, akan diatur dalam pemilihan presiden nanti yang hanya diinginkan oleh mereka, dua pasangan capres dan cawapres saja yang dikehendaki oleh mereka," ujar SBY seperti dikutip IDN Times, Sabtu (17/9/2022).

"Informasinya Demokrat sebagai oposisi jangan harap bisa mengajukan capres-cawapresnya sendiri, bersama koalisi tentunya. Jahat bukan?" sambung SBY.

3. Menginjak hak rakyat

Hasto Ajak Kader PDIP Bela Jokowi Bila Ada Tuduhan Pemilu 2024 Curang ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

SBY mengatakan, hal tersebut sudah menginjak-injak hak rakyat. Menurutnya, pemilu merupakan hak setiap rakyat Indonesia untuk memilih calon presiden berapapun jumlahnya yang diusung partai politik.

"Dan ingat, selama 10 tahun dulu kita di pemerintahan, dua kali menyelenggarakan pemilu dan pilpres, Demokrat tidak pernah melakukan kebatilan seperti itu," kata SBY.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya