Hati-hati Saat Mudik, BMKG Prediksi 25 April-1 Mei Hujan Lebat

Hujan diprediksi terjadi jelang sore dan malam hari

Jakarta, IDN Times - Sejumlah masyarakat saat ini sudah ada yang berangkat untuk mudik Lebaran 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada 25 April hingga 1 Mei 2022, terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat jelang sore dan malam.

"Mulai tanggal 25 April-1 Mei hampir seluruh Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, kecuali di wilayah Flores," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konfenrensi pers virtual, Kamis (28/4/2022).

Dwikorita menjelaskan, hujan itu berpotensi jelang sore hari hingga malam.

1. Periode 2-4 Mei 2022 masuk kategori hujan dengan intensitas sedang hingga lebat

Hati-hati Saat Mudik, BMKG Prediksi 25 April-1 Mei Hujan LebatIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kemudian untuk periode 2-4 Mei 2022 juga masih masuk kategori hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi tersebut dikecualikan untuk wilayah Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi.

"5-10 Mei ini hujan semakin berkurang intensitasnya semakin melemah meski terjadi di seluruh Indonesia," katanya.

Meski demikian, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu diprediksi berdurasi singkat.

"Namun, yang perlu diwaspadai sewaktu-waktu masih mungkin terjadi hujan yang disertai kilat, petir dan angin kencang meski durasi singkat, terutama jelang sore atau malam hari," katanya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Jasa Titip Hewan yang Terpercaya, Bisa Mudik Tenang!

2. BNPB buat peta rawan bencana jalur mudik 2022

Hati-hati Saat Mudik, BMKG Prediksi 25 April-1 Mei Hujan LebatIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto, mengatakan pihaknya juga sudah membuat peta rawan bencana jalur mudik 2022. Di dalam peta tersebut terdapat daerah yang rawan longsor dan banjir.

"Peta jalur mudik ini lengkap isinya terkait dengan wilayah Jawa, Bali, dan Sumatra. untuk Sumatra Selatan di situ karena banyak daerah-daerah berbukit khususnya rangkaian pegunungan Bukit Barisan dari mulai Aceh, Sumatra Utara bagian selatan itu daerah-daerah yang rawan bencana longsor," kata Suharyanto.

3. BNPB juga memonitor disiplin protokol kesehatan para pemudik

Hati-hati Saat Mudik, BMKG Prediksi 25 April-1 Mei Hujan LebatSejumlah penumpang sedang menunggu pemberangkatan bus di Terminal Jatijajar, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dalam kesempatan itu, Suharyanto mengatakan, BNPB juga terus memonitor disiplin protokol kesehatan para pemudik. Sebab, saat ini situasinya masih dalam pandemik COVID-19.

"BNPB tetap berusaha menegakkan protokol kesehatan, karena kita ketahui bersama bahwa BNPB pun bertanggung jawab dengan protokol kesehatan dan masih merupakan satuan tugas nasional penanggulangan COVID-19 di pos-pos pelayanan," imbuhnya.

Baca Juga: 6 Jalur Alternatif Mudik 2022 di Yogyakarta dan Karakteristiknya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya