Heboh Jabatan Ketua Dewan di BRIN, Mega: Saya Dianggap Kurang Pintar

Megawati berterima kasih Jokowi sudah bentuk BRIN

Jakarta, IDN Times - Penunjukkan Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi perbincangan di masyarakat. Sebagian publik menganggap jabatan itu tidak pas untuk Megawati.

Megawati merespons keraguan itu. Respons tersebut disampaikan Megawati dalam pidato politiknya di HUT ke-49 PDI Perjuangan.

"Pak Jokowi, saya berterima kasih lho, Bapak membentuk BRIN cuma banyak yang nanya, kenapa Pak Jokowi yang dijadikan saya lagi gitu, saya ya bilang yang nyuruh presiden, memang maunya saya sendiri? Coba toh, aneh ya," ujar Megawati dalam pidatonya yang disiarkan di kanal YouTube PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022).

Dia kemudian menyinggung mengenai wawancara Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko. Kala itu, Handoko ditanya mengenai alasan Megawati menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Saya dengar Pak Kepala BRIN sempat diwawancara, eh saya sempat disinggung, kenapa yang dijadikan ketua Dewan Pengarah Ibu Mega, Pak handoko bilang, 'yang ngomong riset Pak Habibie sama Ibu Mega'. Saya mungkin kurang bisa ngmg kali ya pak Jokowi, jadi orang kayaknya dianggap barangkali ya kurang pintar, saya suka ketawa sendiri," tutur Mega.

Baca Juga: Kepala BRIN: Kehadiran Megawati Bisa untuk Dukungan Anggaran di DPR 

1. Jokowi lantik Megawati jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

Heboh Jabatan Ketua Dewan di BRIN, Mega: Saya Dianggap Kurang PintarPresiden Jokowi melantik dewan pengarah BRIN di Istana Negara pada Rabu (13/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Jokowi melantik BRIN di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021). Pelantikan tersebut digelar sejak pukul 13.30 WIB.

Dalam pelantikan ini, salah satu yang dilantik oleh Jokowi adalah Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri. Pelantikan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pelantikan hari ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dengan mengenakan setelan jas warna biru tua dan masker coklat, serta dasi merah, Jokowi tampak berdiri tegap dan siap memimpin jalannya pelantikan serta sumpah jabatan.

Baca Juga: Jokowi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN Siang Ini

2. Dewan Pengarah BRIN mengucapkan sumpah jabatan

Heboh Jabatan Ketua Dewan di BRIN, Mega: Saya Dianggap Kurang PintarPresiden Jokowi melantik dewan pengarah BRIN di Istana Negara pada Rabu (13/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi pun mulai memimpin jalannya sumpah jabatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu membacakan sumpah jabatan kalimat per kalimat yang diikuti oleh para Dewan Pengarah BRIN.

"Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi sambil diikuti para Dewan Pengarah BRIN.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan senaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut mereka.

Baca Juga: Dilebur ke BRIN, Eks Pegawai BPPT Minta Bantuan Komnas HAM

3. Nama-nama di Dewan Pengarah BRIN, dari ketua sampai anggota

Heboh Jabatan Ketua Dewan di BRIN, Mega: Saya Dianggap Kurang PintarPresiden Jokowi melantik dewan pengarah BRIN di Istana Negara pada Rabu (13/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Adapun deretan nama-nama yang mengisi jabatan Dewan Pengarah BRIN yaitu:

1. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua
2. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai Wakil Ketua
3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa sebagai Wakil Ketua
4. Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto sebagai Sekretaris
5. Emil Salim sebagai anggota
6. I Gede Wenten sebagai anggota
7. Bambang Kesowo sebagai anggota
8. Adi Utarini sebagai anggota
9. Marsudi Wahyu Kisoro sebagai anggota
10. Tri Mumpuni sebagai anggota

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya