Comscore Tracker

Heboh Sumbangan Akidi Tio, Yenny Wahid Kisahkan Eks Menlu Adam Malik

Yenny Wahid minta kedepankan akal sehat

Jakarta, IDN Times - Yenni Wahid turut berkomentar soal sumbangan pengusaha Akidi Tio untuk penanggulangan pandemik COVID-19 sebesar Rp2 triliun. Yenny pun meminta kepada masyarakat untuk mengedepankan akal sehat.

"Meskipun kita percaya bahwa selalu ada malaikat dan keajaiban, peristiwa ini mengingatkan kita untuk selalu rasional dalam menghadapi apapun. Ojo kagetan," ujar Yenny dikutip dari ANTARA, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga: Tokoh-Tokoh yang Bersuara soal Sumbangan Akidi Tio, Siapa Saja?

1. Yenny menyebut harusnya ada kecurigaan terhadap sumbangan itu

Heboh Sumbangan Akidi Tio, Yenny Wahid Kisahkan Eks Menlu Adam MalikIDN Times/Marisa Safitri

Yenny mengatakan seharusnya ada kecurigaan mengenai sumbangan tersebut. Putri kedua Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu menyatakan, COVID-19 memang membuat susah, tapi jangan sampai kehilangan akal sehat.

"Orang semestinya curiga, kok bisa ada yang nyumbang Rp2 triliun, benar apa tidak? Sehat mentalnya atau tidak? Jangan sampai satu negara ikut kebobolan," ucapnya.

Menurut Yenny, perlu ada verifikasi terlebih dahulu sebelum dilakukan pemberitaan secara masif. Dia kemudian menyinggung ketika mantan Menteri Luar Negeri Adam Malik menerima seorang ibu hamil mengaku anak dari dalam kandungannya bisa bicara. 

Aparat yang berjaga di rumah dinas kemudian mengizinkan ibu hamil yang diketahui bernama Cut Zahara untuk bertemu Adam Malik. Saat itu, pemberitaan media juga masif. Namun, setelah diselidiki, perempuan itu menyembunyikan perekam suara di balik perut hamilnya. 

Baca Juga: Mahfud MD soal Sumbangan Akidi Tio: Sejak Awal Saya Tak Percaya 

2. Polda Sumsel ralat status tersangka anak bungsu Akidi Tio

Heboh Sumbangan Akidi Tio, Yenny Wahid Kisahkan Eks Menlu Adam MalikPolda Sumatera Selatan mendapat bantuan dana penanggulangan COVID-19 sebesar Rp2 triliun. Bantuan itu diberikan oleh keluarga almarhum Akidi Tio. (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, meralat pernyataan prank uang Rp2 triliun yang disampaikan Direktur Intel dan Keamanan Dirintelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro.

Ia juga meluruskan status tersangka anak bungsu mendiang Akidi Tio bernama Heriyanti. Menurut Supriadi, pernyataan status tersangka adalah tidak mendasar dan tidak sesuai dengan hasil pemeriksaan hari ini. Bahkan, Supriadi menegaskan pihaknya belum menemukan ada indikasi penipuan.

"Yang punya kewenangan mengeluarkan pernyataan adalah Bapak Kapolda dan Kabid Humas. Jangan ada dan tidak boleh pakai pernyataan lain," ungkap Supriadi kepada awak media di Polda Sumsel, Senin (2/8/2021).

3. Polda Metro Jaya menyebut uang masih di giro Bank Mandiri

Heboh Sumbangan Akidi Tio, Yenny Wahid Kisahkan Eks Menlu Adam MalikPolda Sumatera Selatan mendapat bantuan dana penanggulangan COVID-19 sebesar Rp2 triliun. Bantuan itu diberikan oleh keluarga almarhum Akidi Tio. (Dok. Humas Polri)

Heriyanti hanya dipanggil sebagai pihak yang akan memberi sumbangan dana hibah. Dia belum ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus ini. Bahkan, Supriadi menyebutkan pihaknya memastikan uang senilai Rp2 triliun sudah ada.

"Ada hal teknis yang harus diselesaikan. Uangnya ada di giro Bank Mandiri. Makanya status Heriyanti masih dalam pemeriksaan," ungkap dia.

Supriadi menjelaskan pihaknya masih mengklarifikasi soal uang Rp2 triliun tersebut. Hingga kini, Polda Sumsel berkeyakinan uang sumbangan tersebut dalam proses pencairan. Dia mengajak masyarakat agar menghormati pemilik uang, seperti menjaga privasi yang bersangkutan.

"Sekarang masih proses pemeriksaan, orang yang akan membantu pasti punya beban psikologis juga," ujar dia.

Baca Juga: Donasi Rp2 Triliun Diduga Prank, Polda Sumsel Periksa Anak Akidi Tio

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya