Ikuti Expo 2020 Dubai, Kemendikbudristek Promosi Budaya dan Bahasa RI

Kemendikbudristek turut perkenalkan pendidikan dan bahasa RI

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ambil bagian dalam Expo 2020 Dubai di Uni Emirat Arab. Pameran itu diselenggarakan pada 10-16 Desember 2021.

Sekjen Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam pameran itu diharapkan mampu menjadi sarana promosi pendidikan, budaya dan bahasa Indonesia di dunia internasional.

“Expo 2020 Dubai merupakan momentum yang luar biasa karena ajang ini dapat menjadi jendela untuk memperkenalkan pendidikan, kebudayaan, dan bahasa Indonesia ke mata dunia,” ujar Suharti dalam keterangannya, Kamis (16/12/2021).

1. Kegiatan yang dilakukan Kemendikbudristek di Expo 2020 Dubai

Ikuti Expo 2020 Dubai, Kemendikbudristek Promosi Budaya dan Bahasa RIUpacara peringatan Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (25/11) dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Suharti menjelaskan perkenalan budaya Indonesia ditandai dengan tarian-tarian dan diiringi dengan alat musik tradisional, seperti angklung, suling, serta gendang. Alat musik tradisional itu dipadukan dengan alat modern.

Pertunjukkan itu dibawakan mahasiswa dari Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Suharti mengatakan, pertunjukan itu menarik perhatian para pengunjung pameran.

Selain itu, Kemendikbudristek juga mengenalkan Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) dan uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI) kepada pengunjung pameran.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Puji Kampus di Jatim Soal Kampus Merdeka

2. Pertunjukkan dari ISBI dinilai bentuk dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Ikuti Expo 2020 Dubai, Kemendikbudristek Promosi Budaya dan Bahasa RIIlustrasi Merdeka (IDN Times/Mardya Shakti)

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, Anang Ristanto, mengatakan pertunjukkan IBSI yang memadukan tarian dan alat musik tradisional merupakan bentuk dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (NMKM). Menurutnya, tarian dan alat musik tradisional itu dimainkan dalam nuansa modern.

“MBKM memberi ruang bagi kreativitas mahasiswa maupun dosen untuk tidak hanya terpaku pada pakem yang sudah ada. Kebijakan ini memberi keleluasaan agar ilmu pengetahuan dan budaya dapat berkembang dan lebih maju,” ucap Anang.

3. Penampilan lain dari Indonesia

Ikuti Expo 2020 Dubai, Kemendikbudristek Promosi Budaya dan Bahasa RIIDN Times/Dhana Kencana

Selain dari ISBI, Kemendikbudristek juga menampilkan video dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berupa karya yang sudah dibuat.

Expo 2020 Dubai ini merupakan pameran terbesar ketiga di dunia dan diikuti oleh 192 negara. Expo Dubai digelar setiap lima tahun sekali.

Selain kesenian, lebih dari 300 produk UMKM siap ekspor dibawa ke Expo 2020 Dubai. Tempat pameran dari Indonesia di Expo 2020 Dubai sudah didatangi lebih dari 400 ribu pengunjung.

Baca Juga: Paviliun Indonesia Sambut 50 Ribu Pengunjung di Expo 2020 Dubai

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya