Ini Penanggung Jawab-Koordinator Wilayah Bawaslu Periode 2022-2027

Rahmat Bagja jadi Ketua Bawaslu 2022-2027

Jakarta, IDN Times - Lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 telah dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Selasa, 12 April 2022. Usai dilantik, lima anggota Bawaslu langsung menggelar rapat pleno.

Salah satu yang dibahas dalam rapat pleno tersebut memilih Ketua Bwaslu. Rahmat Bagja tepilih sebagai Ketua Bawaslu secara aklamasi.

"Rapat Pleno Anggota Bawaslu menghasilkan keputusan secara aklamasi yaitu menetapkan Bagja sebagai Ketua Bawaslu RI," ujar Bagja dilansir dari laman resmi Bawaslu, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Bawaslu dan DPR Bahas PKPU dan Anggaran Pemilu 2024 di Rapat Hari Ini

1. Penetapan Ketua Bawaslu sudah sesuai dengan undang-undang

Ini Penanggung Jawab-Koordinator Wilayah Bawaslu Periode 2022-20275 Komisioner Bawaslu Periode 2022-2027 (youtube.com/DPR RI)

Bagja mengatakan, penetapan Ketua Bawaslu itu sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, sebagaimana dimuat dalam Pasal 92 Ayat (8). Pasal tersebut menyebutkan, Ketua Bawaslu dipilih dari dan oleh anggota Bawaslu.

Selain itu, ketua rapat pleno juga memilih penanggung jawab divisi dan koordinator wilayah.

"Untuk menjalankan perintah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum tentang Tugas Bawaslu (Pasal 93), wewenang Bawaslu (Pasal 95) dan Kewajiban Bawaslu (Pasal 96), Bawaslu menyampaikan hasil Rapat Pleno Anggota Bawaslu tentang 'Susunan Penanggung Jawab Divisi dan Koordinator Wilayah Bawaslu," ujar anggota Bawaslu, Lolly Suhenty.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Lantik Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

2. Susunan penanggung jawab dan koordinator wilayah

Ini Penanggung Jawab-Koordinator Wilayah Bawaslu Periode 2022-2027Logo Bawaslu (tangerangselatankota.bawaslu.go.id)

Berikut susunan penanggung jawab divisi dan koordinator wilayah Bawaslu:

1. Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Pendidikan Pelatihan
Koordinator Divisi : Herwyn Jefler Hielsa Malonda
Wakil Koordinator Divisi : Lolly Suhenty

2. Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa
Koordinator Divisi : Totok Hariyono
Wakil Koordinator Divisi : Puadi

3. Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat
Koordinator Divisi : Lolly Suhenty
Wakil Koordinator Divisi : Totok Hariyono

4. Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi
Koordinator Divisi : Puadi
Wakil Koordinator Divisi : Herwyn Jefler Hielsa Malonda

3. Jokowi minta anggota KPU-Bawaslu yang sudah dilantik tancap gas kerja

Ini Penanggung Jawab-Koordinator Wilayah Bawaslu Periode 2022-2027Presiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta kepada komisioner KPU dan Bawaslu segera bekerja. Jokowi mengatakan, tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022. Sehingga, KPU dan Bawaslu harus mempersiapkan dengan baik.

"Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik, dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas, langsung berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah menajalankan tugas dan kewenangannya, untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada sesuai pada tahapan yang sudah ditentukan pada 2024," ujar Jokowi dalam siaran video di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan agar KPU memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Dia berharap, tidak ada lagi politik identitas di masyarakat jelang pemilu.

"Pemerintah akan memberikan dukungan sepenuhnya bagi pelaksanaan tugas KPU dan Bawaslu, terutama dukungan anggaran melalui APBN dan APBD," katanya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya