Istana Umumkan Tema HUT 77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

1 Agustus 2022, Istana juga akan menggelar zikir akbar

Jakarta, IDN Times - Istana Kepresidenan mengumumkan tema perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, tema pada tahun ini yakni "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Heru menjelaskan, rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-77 RI sudah dimulai 1 Agustus 2022. Menurutnya, tema itu dipilih karena Indonesia dianggap telah melewati fase sulit pandemik COVID-19.

"Seperti tahun-tahun lalu, kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan tahun ini kami di lingkungan Istana menyelenggarakan 17 Agustus sudah mulai terbuka, dan kami akan mengundang para menteri, para ketua Lembaga dan juga beberapa petinggi, perwira tinggi TNI-POLRI," ujar Heru dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Kemendagri-Pemda Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

1. Masyarakat juga diundang untuk ikut upacara di Istana

Istana Umumkan Tema HUT 77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih KuatPresiden Jokowi dalam Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Heru mengatakan, masyarakat juga nantinya akan diundang untuk ikut upacara di Istana Kepresidenan, Jakarta. Namun, jumlahnya akan dibatasi.

"Kita tambahkan pada tahun ini juga, kita mengundang masyarakat terbatas, masih terbatas kurang lebih 1.000 sampai 2.000, 2.000 kurang lebih di pagi hari, dan sampai 3.000 di sore hari," kata dia.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Berharap Masyarakat Ikut Urun Rembuk Biayai IKN

2. Istana akan selenggarakan zikir akbar

Istana Umumkan Tema HUT 77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih KuatLogo HUT ke-77 Republik Indonesia (dok. Sekretariat Negara)

Lebih lanjut, Heru mengatakan, Istana Kepresidenan juga akan menyelenggarakan zikir akbar pada 1 Agustus 2022 malam. Heru mengatakan, acara tersebut juga akan dihadiri oleh Presiden "Jokowi" Widodo.

"Bapak Presiden RI juga akan hadir di sore hari sampai dengan menjelang malam hari," ucap dia.

3. Pada 17 Agustus, ada rangkaian membawa Bendera Pusaka dari Monas ke Istana

Istana Umumkan Tema HUT 77 RI: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih KuatPresiden Jokowi meninggalkan tempat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Heru mengatakan, pada 17 Agustus 2022, akan ada rangkaian membawa Bendera Pusaka dari Monas ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Setelah itu, baru akan dilakukan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-77 RI.

"Kegiatan di istana kurang lebih pukul 09.45 WIB itu sudah mulai resmi dilakukan kegiatan proses memperingati detik-detik proklamasi," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya