Jadi Tempat Isolasi, Asrama Haji Kini Diisi 1.054 Pasien COVID-19

Ada 25 asrama haji dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) kini telah menetapkan asrama haji yang ada di Indonesia sebagai tempat isolasi bagi pasien COVID-19. Total ada 25 asrama haji yang digunakan sebagai tempat isolasi.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan data per Senin, 5 Juli 2021, jumlah pasien COVID-19 yang menjalani isolasi di asrama haji ada 1.054 orang.

"Data kami mencatat ada 1.054 pasien COVID-19 yang melakukan isolasi di asrama haji," ujar Saiful, Selasa (6/7/2021).

 

Baca Juga: 457 Kamar Asrama Haji Makassar Dipakai Isolasi COVID-19

1. Asrama Haji Sukolilo paling banyak tampung pasien

Jadi Tempat Isolasi, Asrama Haji Kini Diisi 1.054 Pasien COVID-19Petugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) memeriksa tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Saiful menerangkan Asrama Haji Sukolilo, Surabaya menjadi lokasi yang paling banyak digunakan sebagai tempat menampung pasien COVID-19. Tercatat, ada 506 pasien yang menjalani isolasi di Asrama Haji Sukolilo.

Menurutnya, 506 pasien itu menempati 169 kamar dari 245 yang tersedia. Saiful mengatakan pasien COVID-19 di Asrama Haji Sukolilo merupakan orang tanpa gejala (OTG).

"Masih ada 76 kamar di Surabaya. Mereka yang isolasi di asrama haji adalah pasien COVID yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG," tuturnya.

2. Daftar asrama haji yang sudah diisi pasien COVID untuk isolasi

Jadi Tempat Isolasi, Asrama Haji Kini Diisi 1.054 Pasien COVID-19Ilustrasi kamar di Asrama Haji di Pondok Gede (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Berikut daftar asrama haji yang sudah diisi pasien COVID-19:

Asrama Haji Balikpapan: 197 pasien
Asrama Haji Semarang: 78
Asrama Haji Ambon: 75
Asrama Haji DI Yogyakarta: 69
Asrama Haji Gorontalo: 57
Asrama Haji Lombok: 35

“Untuk Asrama Haji Pondok Gede, saat ini ada 37 pasien Covid yang sedang isolasi. Sehingga total di delapan asrama haji, ada 1.054 pasien," ucap Saiful Mujab.

"Selain itu, ada juga 62 pasien yang dirawat di Gedung Arafah yang saat ini digunakan oleh RS Haji,” imbuhnya.

Baca Juga: Menkes: RS Cadangan Asrama Haji Pondok Gede Beroperasi Rabu Ini

3. Delapan gedung Asrama Haji Pondok Gede disulap jadi tempat rawat COVID-19

Jadi Tempat Isolasi, Asrama Haji Kini Diisi 1.054 Pasien COVID-19Suasana Rumah Sakit Haji di Pondok Gede, Bekasi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kemenag menyiapkan delapan gedung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat perawatan pasien COVID-19. Sekjen Kemenag, Nizar Ali, mengatakan penyediaan asrama haji sebagai tempat itu sebagai bentuk bantuan penanganan COVID-19.

"Pemerintah akan memaksimalkan Asrama Haji Pondok Gede untuk ikut membantu penanganan pasien COVID-19. Ke depan, Asrama Haji Pondok Gede akan dioptimalkan sebagai tempat perawatan pasien COVID-19," ujar Nizar Ali, Senin (5/7/2021).

“Sebelumnya, satu gedung di Asrama Haji Pondok Gede juga sudah dimanfaatkan Rumah Sakit Haji untuk perawatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat,” ucapnya.

Nizar menerangkan ada enam gedung yang digunakan untuk merawat pasien COVID-19. Lima gedung masih kosong dan satu gedung yang sebelumnya sudah diisi pasien yakni Gedung Arafah.

Sementara, lima gedung yang masih kosong untuk merawat pasien COVID-19 itu yakni A, B, C, H, dan D5. Selain itu, ada dua gedung yakni D3 dan D4 yang akan digunakan sebagai akomodasi tenaga kesehatan.

“Kita juga siapkan dua gedung untuk akomodasi tenaga kesehatan. Jadi total ada delapan gedung yang akan digunakan di Asrama Haji Pondok Gede untuk penanganan COVID-19,” ucapnya.

Baca Juga: 8 Gedung Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi Tempat Rawat COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya