Jemaah Umrah Gak Boleh Protes Bila Vaksin Booster Berbayar, Kenapa?

Arab Saudi segera membuka umrah bagi jemaah Indonesia

Jakarta, IDN Times - Kerajaan Arab Saudi segera membuka kembali izin umrah bagi jemaah Indonesia. Saudi mensyaratkan bila ingin masuk ke negaranya, sudah menerima dua suntik dosis vaksin dari Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson&Johson. Bila tidak, harus suntik booster dari salah satu vaksin yang digunakan di Arab Saudi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Profesor Hilman Latief, mengatakan pemerintah tengah melakukan kajian apakah vaksinasi booster bisa segera dilakukan.

"Kalau memang harus ada booster, ya harus di-booster. Tapi mekanisme booster-nya mau bagaimana, kita masih menyusun, nanti yang memberikan otorisasi pusat itu siapa, dari mana, bayar berapa, ditanggung siapa," ujar Hilman dalam acara Ngobrol Seru by IDN Times, Selasa (12/10/2021).

Hilman mengatakan, aturan vaksin booster di Indonesia saat ini hanya diberikan untuk tenaga kesehatan atau nakes saja.

Baca Juga: Siap-Siap Selenggarakan Umrah, Pemerintah Rapat Bahas Vaksin Booster

1. Bila vaksin booster bayar, jemaah diminta tak protes

Jemaah Umrah Gak Boleh Protes Bila Vaksin Booster Berbayar, Kenapa?ilustrasi penyuntikan vaksin (ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS)

Hilman mengatakan, bila nantinya vaksin booster berbayar, calon jemaah umrah diimbau tidak proses.

"Ya gak boleh protes, masa Anda dapat tiga kali gratis ada jutaan orang belum divaksin, Anda minta gratis, nuraninya di mana? Anda ingin dapat booster yang ketiga, ada jutaan orang belum divaksin," ucapnya.

Meski demikian, kata Hilman, pemerintah Indonesia terus bernegosiasi dengan Kerajaan Arab Saudi agar aturan vaksinasi booster tidak diberlakukan bagi jemaah asal Indonesia.

"Kita masih bernegosiasi, mudah-mudahan gak pakai booster kan lebih enak. Misalnya harus dua kali vaksin aman, tapi isolasnya dua-tiga hari, kan lebih enak," katanya.

Baca Juga: Umrah Dibuka, AMPUH Imbau Biro Travel Tak Buru-buru Publikasi Harga

2. Umrah pada masa pandemik diperkirakan ada biaya tambahan

Jemaah Umrah Gak Boleh Protes Bila Vaksin Booster Berbayar, Kenapa?Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Lebih lanjut, Hilman mengatakan, bila umrah kembali dibuka, kemungkinan ada biaya tambahan. Namun, dia belum dapat menyebut angkanya.

"Ya mungkin sekali (ada biaya tambahan). Itu kan biaya tambahan, teman-teman travel, agen travel masih menghitung," katanya.

3. Penyebab ada biaya tambahan

Jemaah Umrah Gak Boleh Protes Bila Vaksin Booster Berbayar, Kenapa?Ilustrasi Uang Rupiah (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Hilman menerangkan, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab ada biaya tambahan perjalanan umrah pada masa pandemik. Karena adanya pengurangan kapasitas maksimal bus, pesawat, hingga hotel, sehingga membutuhkan biaya lebih mahal dari biasanya.

"Mudah-mudahan jemaah jadi berangkat, proses dipermudah. Ini tantangan di masa pandemik," ucapnya.

Meski demikian, Hilman mengaku, Kemenag belum membuat batas maksimal harga atas kepada para penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU).

"Kan teman-teman (PPIU) juga masih menghitung. Ya mempersiapkan secara matang, mereka juga ingin memberangkatkan jemaah, nanti kita buatlah (aturan batas maksimal harga)," katanya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya