Jokowi Berencana Gelar Peringatan HUT RI pada 2024 di IKN

HUT RI akan digelar di IKN bila Istana Kepresidenan dibangun

Jakarta, IDN Times - Pemerintah terus melakukan percepatan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan ada rencana peringatan HUT RI pada 2024 difokuskan di IKN.

"Namanya rencana ya ada beberapa menteri yang sampaikan untuk nanti di 2024, 17 Agustus dilakukan di sini," ujar Jokowi melalui video di kanal YouTube Sekretariat Presiden berjudul Kata Presiden Jokowi soal Ibu Kota Nusantara, Selasa (15/3/2022).

Menurutnya, puncak perayaan HUT RI di IKN pada 2024 bisa saja dilakukan asalkan Istana Kepresidenan dan gedung kementerian sudah jadi.

"Tapi nantilah kita putuskan setelah kelihatan progresnya," ucapnya.

Baca Juga: Toilet Kemah Jokowi di IKN Pakai Shower, Istana: Gayung Lebih Boros

1. Alasan Jokowi pilih istana IKN di titik nol km

Jokowi Berencana Gelar Peringatan HUT RI pada 2024 di IKNProsesi penyerahan tanah dan air dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Nusantara pada Senin (14/3/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi kemudian menjelaskan mengenai alasan Istana Kepresidenan akan dibangun di titik 0 kilometer (km) IKN. Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan kajian.

"Ya itu hitung-hitungan geospasial yang dilakukan Kementerian PU, titiknya di situ. Kalau di sini, ini titik istananya. Di sini titik istananya, tempat yang tertinggi dari permukaan laut kira-kira 80 meter, paling tinggi di sini sehingga bisa melihat seluruh penjuru kanan-kiri," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pemindahan ibu kota sudah melalui proses yang panjang. Menurutnya, Presiden Sukarno juga sudah merencanakan pemindahan ibu kota, namun batal.

Selain itu, Presiden Soeharto juga pernah merencanakan ibu kota pindah ke Jonggol, Jawa Barat. Rencana itu juga tak terealisasi karena ada peristiwa 1998.

"Zaman Presiden SBY juga melakukan kajian-kajian untuk memindahkan ibu kota karena banyak juga alasan. Dan di 2014 saya perintahkan saat itu kepada Menteri Bappenas untuk membuka dan melakukan kajian lagi, sehingga dari banyak lokasi diciutkan menjadi tiga, kemudian diputuskan di Kalimantan Timur," ujarnya.

Baca Juga: Istana: Tidak Ada Konvoi Presiden dengan Pembalap MotoGP

2. Pemindahan ibu kota agar tak Jawa sentris

Jokowi Berencana Gelar Peringatan HUT RI pada 2024 di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Jokowi pun mengatakan, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur agar tak Jawa sentris. Menurutnya, saat ini perputaran ekonomi Indonesia 58 persennya berada di Jawa.

"Artinya apa? Magnet ada di pulau Jawa dan Jakarta," katanya.

3. Jokowi kemah di IKN

Jokowi Berencana Gelar Peringatan HUT RI pada 2024 di IKNPresiden Joko "Jokowi" Widodo menikmati malam sambil berkemah di titik nol IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur pada Senin, 14 Maret 2022 (www.instagram.com/@suhartono)

Sebelumnya, Presiden Jokowi berkemah di IKN pada Senin hingga Selasa hari ini. Sebelum kemah, Jokowi menggelar prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi.

Jokowi berkemah di titik nol km IKN sejak Senin kemarin. Saat berkemah, Jokowi ditemani Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN juga turut menemani Jokowi berkemah.

Hari ini, Jokowi akan kembali ke Jakarta. Jokowi tak akan melakukan kunjungan kerja di IKN hari ini.

Baca Juga: 7 Potret Jokowi Berkemah di Titik Nol IKN Nusantara 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya