Comscore Tracker

Jokowi di TMP Kalibata: Perjuangan Pahlawan adalah Perjuangan Kami 

Ada 10.257 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata

Jakarta, IDN Times - Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022, Presiden Joko "Jokowi" Widodo terlebih dahulu memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pukul 00.00 WIB.

Dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi menyatakan hormat kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Jokowi juga mendoakan seluruh amal ibadah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujar Jokowi.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga hadir dalam acara apel kehormatan dan renungan suci itu.

Baca Juga: 7 Potret Baju Jokowi saat Ikuti Sidang Tahunan MPR Periode 2016-2022

1. Jokowi berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan

Jokowi di TMP Kalibata: Perjuangan Pahlawan adalah Perjuangan Kami Presiden Jokowi di acara apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam sambutannya, Jokowi juga berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan. Sehingga, apa yang menjadi cita-cita bangsa, dapat segera terwujud.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” kata dia.

Baca Juga: Jokowi: Angka Stunting Harus Cepat Dipangkas

2. Ada 10.257 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata

Jokowi di TMP Kalibata: Perjuangan Pahlawan adalah Perjuangan Kami Ilustrasi Taman Makam Pahlawan Kalibata (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Diketahui, ada 10.257 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata. Jokowi menjelaskan, dari 10.257 itu, sebanyak 9.241 pahlawan dari TNI dan Polri, 904 pahlawan dari Badan Perjuangan, 69 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal.

Setelah apel kehormatan dan renungan suci, acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

3. Istana gelar Upacara HUT ke-77 RI full kapasitas

Jokowi di TMP Kalibata: Perjuangan Pahlawan adalah Perjuangan Kami Suasana Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan bahwa Istana Kepresidenan akan menggelar upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 dengan kapasitas penuh (full). 

"Seperti tahun-tahun lalu, kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan tahun ini kami di lingkungan Istana menyelenggarakan 17 Agustus sudah mulai terbuka. Kami akan mengundang para menteri, ketua lembaga, dan beberapa petinggi, perwira tinggi TNI/POLRI," ujar Heru dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/8/2022).

Heru mengatakan, masyarakat juga nantinya akan diundang untuk ikut upacara di Istana Kepresidenan, Jakarta. Namun, jumlahnya akan dibatasi.

"Kami mengundang masyarakat terbatas, kurang lebih 1.000 sampai 2 ribu. Sebanyak 2 ribu kurang lebih pada pagi hari dan sampai 3 ribu pada sore hari," kata dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya