Comscore Tracker

Jokowi Disambut Kanselir Jerman saat Hadir di KTT G7

Jokowi juga bertemu Joe Biden saat berada di KTT G7

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Munich, Jerman, Senin (27/6/2022). Saat baru tiba di lokasi acara Senin siang waktu setempat, Kanselir Jerman Olaf Scholz langsung menyambut kedatangan Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga bertegur sapa dengan sejumlah pemimpin negara yang tergabung dalam anggota G7. Jokowi sempat berbincang dengan Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Dalam acara itu, Jokowi juga bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Sejumlah pemimpin negara itu kemudian melakukan sesi foto bersama.

Baca Juga: Baru Tiba di Jerman, Presiden Jokowi Langsung Menyapa WNI

1. KTT G7 digelar di Elmau, Jerman

Jokowi Disambut Kanselir Jerman saat Hadir di KTT G7Presiden Jokowi ikut sesi foto bersama sejumlah pemimpin negara saat hadir di KTT G7 (dok. Sekretariat Presiden)

KTT G7 digelar di Elmau, Jerman. Negara yang tergabung dalam G7 ada Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis.

Indonesia diundang secara khusus sebagai mitra. Selain itu, Indonesia juga saat ini merupakan negara tuan rumah Presidensi G20.

Baca Juga: Pesawat Jokowi Berputar di Langit Turki, Istana Akhirnya Buka Suara

2. Jokowi bakal bawa misi perdamaian di KTT G7

Jokowi Disambut Kanselir Jerman saat Hadir di KTT G7Konferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Jokowi berencana mengajak negara yang tergabung dalam KTT G7 menyerukan perdamaian dunia. Salah satunya upaya perdamaian konflik Rusia dan Ukraina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mendorong dan mengajak negara KTT G7 mencari solusi tentang krisis pangan dan energi, yang sedang melanda dunia.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," kata Jokowi dalam konferensi pers secara virtual sebelum berangkat ke Jerman, Minggu (26/6/2022).

3. Jokowi bakal ke Ukraina dan Rusia

Jokowi Disambut Kanselir Jerman saat Hadir di KTT G7Konferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai dari Jerman, Jokowi akan berkunjung ke Ukraina. Di Ukraina, Jokowi akan bertemu Presiden  Volodymyr Zelenskyy.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," kata dia.

Jokowi kemudian akan melanjutkan lawatannya ke Rusia. Orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya