Jokowi Disebut akan Ajukan Hak Tanah dan Rumah Mantan Presiden

Jokowi disebut tidak akan maju sebagai capres 3 periode

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo disebut sedang menyiapkan rumah masa pensiunnya setelah tak jadi presiden. Hal itu disampaikan oleh politikus PDI Perjuangan, Adian Napitupulu.

Mulanya, Adian menjelaskan bahwa Jokowi tak pernah ingin maju sebagai presiden tiga periode.

"Sampai terakhir saya ketemu dengan presiden, dia tidak pernah bicara seperti itu. Dia tidak pernah bicara 3 periode, dia sudah siapkan, sedang mengajukan, tawarkan, kan setiap mantan presiden diberikan tanah dan rumah untuk usia tua sebagai penghargaan negara, dia sudah siapkan itu," ujar Adian di Kabupaten Bogor, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: Adian Napitupulu Ungkap Alasan PDIP Belum Berkoalisi Jelang Pemilu 

1. Adian sebut banyak pihak yang tidak bertanggung jawab bicara presiden 3 periode

Jokowi Disebut akan Ajukan Hak Tanah dan Rumah Mantan PresidenPolitikus PDIP, Adian Napitupulu (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Adian menyebut banyak pihak yang tidak bertanggung jawab bicara masa jabatan presiden 3 periode. Menurutnya, hal itu bisa mengorbankan rakyat.

"Rakyat ditempatkan pada situasi yang diombang-ambingkan oleh berbagai macam pernyataan-pernyataan yang belum tentu bisa terbukti," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Jawab Isu Bakal Jadi Cawapres: Itu dari Siapa?

2. Kader PDIP belum boleh bicara capres-cawapres

Jokowi Disebut akan Ajukan Hak Tanah dan Rumah Mantan Presidendok. KPU

Lebih lanjut, Adian menerangkan, kader PDI Perjuangan belum boleh bicara capres-cawapres. Menurutnya, kader PDIP kini dituntut untuk membantu rakyat.

"Tugas kita satu, kalian dipilih rakyat, urus rakyat," ucap dia.

3. Jokowi jawab isu jadi cawapres

Jokowi Disebut akan Ajukan Hak Tanah dan Rumah Mantan PresidenPresiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjawab soal isu dirinya akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Jokowi mengaku dirinya tak ada niat menjadi cawapres.

Jokowi juga diisukan akan menjadi presiden tiga periode. Namun, hal itu dibantahnya.

"Sejak awal saya sampaikan, bahwa ini yang menyiapkan bukan saya, urusan tiga periode sudah saya jawab. Begitu dijawab muncul lagi yang namanya perpanjangan, juga saya jawab ini muncul lagi jadi wapres, itu dari siapa? Kalau dari saya, saya terangkan, kalau bukan dari saya, saya gak mau terangkan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya