Jokowi Hadiri Acara Jamuan Makan Malam PM Kamboja

Jokowi pakai baju khas Khmer di acara jamuan makan malam

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengikuti sejumlah rangkaian acara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan 41 di Kamboja. Salah satu agenda yang diikuti Jokowi yakni menghadiri jamuan makan malam oleh Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, pada Sabtu (12/11/2022).

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di lokasi jamuan makan malam pukul 20.25 waktu setempat.

Baca Juga: Hadir di Agenda KTT ASEAN-Kanada, Jokowi Bicara 4 Prioritas Kerja Sama

1. Jokowi gunakan pakaian khas Khmer

Jokowi Hadiri Acara Jamuan Makan Malam PM KambojaPresiden Jokowi hadir di acara jamuan makan malam oleh Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen pada Sabtu (12/11/2022) (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengenakan kemeja khas Khmer berwarna oranye. Setibanya di lokasiya, Jokowi disambut langsung oleh Hun Sen.

Setelah jamuan makan malam selesai, Presiden Jokowi kembali ke hotel. Sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju turut mendampingi Jokowi dalam acara tersebut.
 
Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

2. Jokowi hadir di agenda KTT ASEAN-Kanada

Jokowi Hadiri Acara Jamuan Makan Malam PM KambojaPresiden Jokowi hadir di KTT ASEAN-Kanada, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga hadir dalam agenda KTT ASEAN-Kanada, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja. Dalam konferensi itu, Jokowi mendorong kemitraan strategis dengan menghadirkan kerja sama konkret.

Dalam pertemuan itu, turut hadir Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
 
“Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat dijadikan salah satu kick-off project antara ASEAN dan Kanada,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

3. Jokowi bicara 4 prioritas kerja sama

Jokowi Hadiri Acara Jamuan Makan Malam PM KambojaPresiden Jokowi hadir di KTT ASEAN-Kanada, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menjelaskan isu di kawasan Indo-Pasifik sangat penting untuk diselesaikan. Menurutnya, ada empat prioritas kerja yang harus menjadi fokus.
 
“Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerja sama yaitu konektivitas, maritim, pencapaian SDGs, dan perdagangan investasi. Kanada dapat secara konkret menjadi mitra ASEAN dalam pelaksanaan AOIP,” ungkap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, pada 2023 Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum.

“Indonesia mengundang Kanada berpartisipasi dalam forum tersebut,” kata dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya