Jokowi Lantik 7 Komisioner Komisi Nasional Disabilitas

Empat dari 7 komisioner merupakan penyandang disabilitas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik 7 Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Disabilitas. Pelantikan itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat Rabu siang ini.

Dalam pelantikan itu, Jokowi mendiktekan pembacaan sumpah yang diikuti oleh para Komisioner Komisi Nasional Disabilitas. Acara pelantikan itu disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden RI.

“Saya bersumpah/berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jokowi diikuti oleh para Komisioner Komisi Nasional Disabilitas, Rabu (1/12/2021).

Pelantikan Komisioner Komnas Disabilitas ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 2021. Berikut daftar Komisioner Komnas Disabilitas yang dilantik:

1. Dante Rigmalia, sebagai ketua merangkap anggota
2. Deka Kurniawan, sebagai wakil ketua merangkap anggota
3. Eka Prastama Widiyanta, sebagai anggota
4. Kikin Purnawirawan Tarigan Sibero, sebagai anggota
5. Fatimah Asri Mutmainah, sebagai anggota
6. Jonna Aman Damanik, sebagai anggota
7. Rachmita Maun Harahap, sebagai anggota.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Diterima di Sekolah Umum, Risma: Ini Mimpi Saya

1. Empat dari 7 komisioner Komnas Disabilitas adalah penyandang disabilitas

Jokowi Lantik 7 Komisioner Komisi Nasional DisabilitasPelantikan Keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas di Istana Negara pada Rabu (1/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Staf Khusus Millennial Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Angkie Yudistia, mengatakan bahwa terbentuknya Kominas Disabilitas ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam memperhatikan dan melindungi hak penyandang disabilitas.

"Tujuh komisioner ini latar belakang dari berbagai unsur, yaitu 4 penyandang disabilitas, 3 non-disabilitas," ucapnya.

Baca Juga: Indonesia Bakal Punya Komnas Disabilitas pada Desember 2021

2. Komnas Disabilitas diharapkan jadi tempat pelindung penyandang disabilitas

Jokowi Lantik 7 Komisioner Komisi Nasional Disabilitashttps://www.instagram.com/angkie.yudistia/

Lebih lanjut, Angkie mengatakan, Komnas Disabilitas diharapkan mampu menciptakan langkah positif untuk menciptakan lingkungan yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Penyandang disabilitas memiliki ruang yang sama untuk berkontribusi bagi pembangunan bangsa Indonesi," katanya.

3. Ketua Komnas Disabilitas mengajak semua pihak berkontribusi membangun bangsa

Jokowi Lantik 7 Komisioner Komisi Nasional DisabilitasPelantikan Keanggotaan Komisi Nasional Disabilitas di Istana Negara pada Rabu (1/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai dilantik, Ketua Komnas Disabilitas Dante Rigmalia yang juga penyandang disabilitas mengaku bahagia dengan terbentuknya lembaga ini. Dia berharap, Komnas Disabilitas dapat mewujudkan upaya perlindungan dan penghormatan terhadap penyandang disabilitas.

"Mohon kami dibimbing dan diberi arahan untuk bisa melaksanakan tugas dan fungsi kami," ucap Dante.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya