Jokowi: Muhammaidyah Tak Henti Tebar Nilai untuk Perkokoh Umat Muslim

Muhammadiyah hari ini milad ke-109

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara Milad ke-109 Muhammadiyah secara virtual. Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi Muhammadiyah yang terus memperokok umat muslim untuk berkemajuan.

"Sejarah telah mencatat bahwa perserikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat muslim yang berkemajuan, sebagai kuncu untuk meraih martabat insan kamil," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di kanal YouTube Muhammadiyah, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Sejarah Muhammadiyah yang Kini Milad Ke-109

1. Jokowi apresiasi Muhammadiyah dalam membantu penanganan COVID-19

Jokowi: Muhammaidyah Tak Henti Tebar Nilai untuk Perkokoh Umat MuslimPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi peran Muhammadiyah dalam membantu penanganan pandemik COVID-19. Menurutnya, Muhammadiyah bergerak cepat dengan mengerahkan sumber daya yang ada.

"Muhammadiyah menunjukkan contoh kesalehan sosial, mengoptimalkkan pemanfaatkan lebih dari 117 rumah sakit dan 63 perguruan tinggi Muhamadiyah dan Aisyiyah untuk membantu masyarakat yang terpapar virus COVID-19," katanya.

Baca Juga: Muhammadiyah Dukung MUI soal Fatwa Pinjol Haram

2. Muhammadiyah juga turut membantu dalam mendamipingi dan mencerahkan umat untuk disiplin prokes

Jokowi: Muhammaidyah Tak Henti Tebar Nilai untuk Perkokoh Umat MuslimIlustrasi Logo Muhammadiyah. muhammadiyah.or.id

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi Muhammadiyah yang ikut mendampingi dan mencerahkan umat dalam disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun bersyukur kasus COVID-19 di Indonesia sudah menurun.

"Alhamdullilah berkat kerja sama dan kerja keras dari seluruh komponen bangsa, laju penyebaran COVID-19 berhasil kita tekan, kita turunkan dan masyarakat perlahan-lahan bisa beraktivitas kembali," ucapnya.

Baca Juga: Sejarah Muhammadiyah yang Kini Milad Ke-109

3. Penanganan COVID-19 diapresiasi dunia

Jokowi: Muhammaidyah Tak Henti Tebar Nilai untuk Perkokoh Umat MuslimIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan penanganan COVID-19 di Indonesia diapresiasi dunia internasional. Oleh karenanya, Jokowi mengimbau kepada semua pihak untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

"Kita patut bersyukur bahwa penanganan pandemik COVID-19 diapresiasi oleh masayarkat internasional," katanya.

Jokowi kemudian menyinggung Indonesia menjadi tuan rumah Presedensi G20 2022. Menurutnya, agenda tersebut merupakan penghormatan bagi Indonesia yang dipercaya sebagai tuan rumah.

"Kita juga patut bersyukur bahwa Indonesia dipercaya sebagai (tuan rumah) Presedensi G20. Kita menjadi negara negara berkembang pertama yang mendapatkan kepercayaan dan kehormatan besar ini," imbuhnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya