Jokowi Pastikan Rumah Warga Cianjur Direlokasi ke Daerah Aman

Rumah rusak yang tak direlokasi tetap dapat bantuan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah terpaksa harus merelokasi tempat tinggal sejumlah warga yang terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pembangunan rumah relokasi itu dimulai hari ini, Kamis (5/12/2022).

"Ya pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai," ujar Jokowi.

Jokowi memastikan, daerah relokasi itu aman ditinggali. "Itu sudah lewat kajian dari BMKG dan dari instansi yang terkait, Badan Meteorologi sudah semuanya," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, bagi warga yang tidak direlokasi namun rumahnya rusak, pemerintah akan memberikan bantuan.

Bantuan itu, kata Jokowi, akan cair pada Kamis (8/12/2022). Besarannya, untuk kategori rumah rusak berat mendapat bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta.

"(Dana bantuan disalurkan) ada yang langsung, ada yang lewat tabungan. semuanya, ini sistemnya sudah disiapkan dan ini saya datang ke sini untuk mengecek persiapan itu," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi ke Cianjur Lagi, Pastikan Dana Bangun Rumah Cair 8 Desember

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya