Jokowi Rapat Bareng Kapolri dan RK di Tenda Pengungsian Gempa Cianjur

Presiden Jokowi perintahkan tim prioritas evakuasi korban

Cianjur, IDN TImes - Presiden Joko "Jokowi" Widodo langsung datang ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sehari usai gempa mengguncang wilayah itu. Salah satu lokasi yang dikunjungi Jokowi adalah Lapangan Joglo Cianjur.

Lapangan Joglo menjadi salah satu tempat pengungsian korban gempa di Kabupaten Cianjur. Jokowi juga sempat membagikan makanan kepada para pengungsi.

Usai meninjau pengungsian, Presiden Jokowi langsung menggelar rapat bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), dan Bupati Cianjur Herman Suherman.

Belum diketahui secara pasti apa yang dibahas dalam rapat tersebut. Awak media yang berada di lokasi diminta untuk tidak mengambil gambar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan tim penyelamat untuk memprioritaskan evakuasi korban yang masih tertimbun reruntuhan bangunan.

"Untuk korban-korban yang masih tertimbun saya juga telah perintahkan agar itu didahulukan evakuasinya, penyelamatan didahulukan," ujar Jokowi di Cianjur, Selasa (22/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa.

"Yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang diberikan bantuan Rp20 juta, dan yang ringan diberikan bantuan Rp10 juta," kata dia.

"Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR, karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah anti gempa," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Korban Gempa Cianjur Masih Sulit Dapat Makanan, Air Bersih dan Listrik

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya