Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Sekaligus di Wakatobi

Di Wakatobi, Jokowi juga mengunjungi pameran UMKM

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini meresmikan tiga pelabuhan sekaligus di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Selain pelabuhan, Jokowi juga meresmikan satu kapal motor penumpang (KMP) Sultan Murhum II untuk mempermudah aktivitas masyarakat dalam penyeberangan laut.

"Hari ini tiga pelabuhan penyeberangan di KSPN Wakatobi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa, Pelabuhan Penyeberangan Tomia, dan Pelabuhan Penyeberangan Binongko akan segera kita resmikan dan siap untuk mendukung kegiatan masyarakat," ujar Jokowi dalam keterangannya, Kamis (9/6/2022).

Tiga pelabuhan yang diresmikan Jokowi itu selesai dibangun pada 2021. Tiga pelabuhan ini memiliki panjang dermaga 82 meter, kedalaman kolam 5 meter, dan kapasitas sandar 1.000 GTR.

“Selain itu, juga ada satu unit kapal penyeberangan yaitu KMP Sultan Murhum II yang juga siap dioperasikan untuk melayani angkutan penyeberangan perintis rute Kamaru-Kaledupa, Kaledupa-Tomia, dan Tomia-Binongko, dengan trip empat kali seminggu,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Orang Bisa Bunuh-bunuhan Gegara Konflik Lahan

1. Jokowi tinjau pameran UMKM di Wakatobi

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Sekaligus di WakatobiPresiden Jokowi Tinjau Pameran UMKM di Wakatobi (dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi menyempatkan untuk meninjau pameran UMKM di Wakatobi. Dalam pameran itu, ada sejumlah barang yang dijual, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan.

Jokowi juga membeli sejumlah produk yang dijual UMKM. Salah satu pendamping UMKM, Salfiah, mengaku senang barangnya dibeli oleh Jokowi dan Iriana Joko Widodo.

"Bahagia karena saya sebagai pendamping UMKM sangat senang, karena produk UMKM-nya laris semua diborong oleh beliau, terima kasih banyak Pak Presiden," kata Salfiah.

Baca Juga: PKT Fasilitasi Pameran Produk Dua UMKM Binaan di Ajang MotoGP Mandalika

2. Harap kedatangan Jokowi bisa tingkatkan penjualan di acara pameran

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Sekaligus di WakatobiPresiden Jokowi Tinjau Pameran UMKM di Wakatobi (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Salfiah berharap dengan kedatangan Jokowi di acara pameran UMKM ini bisa meningkatkan penjualan para pedagang. Dia juga berharap seluruh pelaku UMKM dapat berkembang.

"Semoga makin berkembang, karena kita pahami bahwa salah satu pertumbuhan ekonomi daerah itu tidak terlepas dari UMKM, jadi memang UMKM ini harus jadi prioritas utama oleh Presiden," katanya.

3. Jokowi naik motor listrik di Wakatobi bareng Iriana

Jokowi Resmikan 3 Pelabuhan Sekaligus di WakatobiPresiden Jokowi naik motor listrik bareng Iriana di Kampung Mola, Wakatobi (dok. Sekretariat Presiden)

Di Kampung Mola, Wakatobi, Jokowi menyempatkan untuk menyapa warga. Jokowi bersama Iriana menyapa warga dengan menggunakan motor listrik.

Kampung Mola ini terletak di Pulau Wangiwangi atau masyarakat sekitar menyebutnya Wanci. Sepanjang jalan, warga Kampung Mola menyapa Jokowi.

Jokowi dan Iriana menyerahkan sertifikat tanah kepada perwakilan warga.

"Simpan semuanya, jangan sampai sertifikatnya malah hilang," kata Jokowi.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya