Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

Jokowi berharap mobilisasi barang lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" WIdodo hari ini, Selasa (20/9/2022), meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi I di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jokowi mengatakan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja yang diresmikan itu memiliki panjang yang berbeda.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki panjang 27,2 kilometer. Jokowi berharap, mobilitas barang bisa cepat dilakukan dengan adanya tol tersebut.

"Ini merupakan jalan yang nanti bisa mempercepat, utamanya mobilitas barang, utamanya barang-barang yang berasal dari kawasan-kawasan industri di Bekasi bagian utara dan juga dari kawasan-kawasan logistik yang ada di Karawang, di Bekasi. Sehingga, sangat cepat dengan jalan tol Cibitung-Cilincing ini dihantarkan kepada pelabuhan yang ada di Jakarta, wilayah utara," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi I memiliki panjang 5,1 kilometer.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jembatan Gantung Wear Fair di Maluku

1. Jokowi harap mempermudah proses ekspor-impor

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-BalarajaPresiden Jokowi resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi I di Kabupaten Bekasi. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, dengan dibangunnya dua tol tersebut, dapat mempermudah proses ekspor dan impor. Sehingga, dapat memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan di ekspor.

"Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja, dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan di ekspor," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Lumbung Pangan Berbasis Mangga, Target Eskpor Eropa!

2. Tol Cibitung-Cilincing bagian dari JORR II

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-BalarajaPresiden Jokowi resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi I di Kabupaten Bekasi (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang baru diresmikan merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Menurutnya, tahapan pembangunan sudah dimulai.

"Jakarta Outer Ring Road II ini akan rampung 100 persen di akhir tahun 2024," kata dia.

Jokowi menerangkan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing ini dikelola oleh PT Pelindo yang sebelumnya oleh PT Waskita. Dia berharap, pelayanan semakin baik, terutama kepada truk-truk kontainer yang membawa barang ekspor dan impor.

3. Tol Serpong-Balaraja Seksi I bagian dari pembangunan JORR III

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-BalarajaPresiden Jokowi resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi I di Kabupaten Bekasi (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Tol Serpong-Balaraja Seksi I ini merupakan bagian dari pembangunan JORR III. Dengan rencana pembangunan JORR II dan III ini diharapkan dapat menghubungkan kawasan timur Jabodetabek ke daerah barat.

"Sehingga, nanti JORR kedua, JORR ketiga selesai dari barat ke timur, dari timur ke barat tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya