Jokowi soal Reshuffle di Rabu Pon: Tunggu Saja

Rabu Pon hadir di 1 Februari 2023

Jakarta, IDN Times - Isu reshuffle di Kabinet Indonesia Maju masih terus bergulir. Ada dugaan, kalau Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melakukan reshuffle pada Rabu Pon, yang jatuh pada 1 Februari 2023 mendatang.

Ketika dikonfirmasi terkait rumor itu, Jokowi tak menjawab secara gamblang. Dia hanya meminta semua pihak untuk menunggu

"Rabu Pon, benar (ada Rabu Pon). (Soal reshuffle), tunggu saja," ujar Jokowi di Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Baca Juga: PDIP Sudah Beri Masukan Jokowi soal Menteri yang Bisa Direshuffle

1. PDIP sudah beri masukan ke Jokowi soal menteri yang bisa direshuffle

Jokowi soal Reshuffle di Rabu Pon: Tunggu SajaSekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di acara Ngobras di DPC PDIP Kota Bandung, Jumat (27/1/2023). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengatakan partainya sudah memberikan masukan kepada Jokowi terkait perombakan susunan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju itu.

"Kalau reshuffle kan hanya bisa terjadi atas kehendak Bapak Presiden, dan itu kewenangannya. Tentu saja, sebagai partai kami memberikan masukan," ujar Hasto di Bandung, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: NasDem Bantah Pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh Bahas Reshuffle

2. Hasto enggan beberkan siapa menteri yang diusulkan PDIP untuk diganti

Jokowi soal Reshuffle di Rabu Pon: Tunggu SajaSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Kendati begitu, Hasto enggan menyebutkan siapa saja menteri yang diusulkan PDIP untuk digantikan. Dia mengatakan, keputusan reshuffle merupakan hak prerogratif Presiden Jokowi.

"Tapi terkait dengan nama, ada aspek-aspek teknis. Ini menyangkut masa depan seseorang. Kami mohon maaf tidak bisa menyampaikan," kata Hasto.

3. PDIP juga bicara soal Rabu Pon yang jadi kebiasaan Jokowi untuk melakukan reshuffle

Jokowi soal Reshuffle di Rabu Pon: Tunggu SajaSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Terkait kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle pada Rabu Pon, Hasto menyebut, memang setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam mengambil keputusan.

"Ya, Rabu Pon. berbagai momentum-momentum pada Rabu Pon, itu memang sering mengandung sesuatu yang istimewa, dalam pengertian muncul kesadaran batin di dalam mengambil keputusan-keputusan strategis. Setiap orang punya preferensi itu," kata dia.

Baca Juga: Disinggung soal Reshuffle Usai Bertemu NasDem, Jokowi: Mau Tahu saja

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya