Comscore Tracker

Jokowi Tak Masalah Dianggap Beri Restu ke Prabowo dan Ganjar

Jokowi tak mungkin menolak bila ada yang ingin nyapres

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut mendapat restu oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di pilpres 2024. Jokowi mengaku tak masalah bila ada anggapan seperti itu.

"Istilahnya saya kira karena menyampaikan kepada saya, masak saya 'jangan', ndak kan gak gitu, ya silakan demokrasi kita kan memang harus disampaikan seperti itu, gak mungkin presiden yang misalnya ada menteri ke saya menyampaikan itu lalu saya buat 'tidak', silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu silakan saja," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Relawan Prediksi Capres Pilihan Jokowi Tidak Jauh dari 3 Nama Ini

1. Relawan prediksi capres pilihan Jokowi tidak jauh dari 3 nama ini

Jokowi Tak Masalah Dianggap Beri Restu ke Prabowo dan GanjarPrabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan|instagram.com/ganjar_pranowo|IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan Jokowi, Andi Gani, menduga calon presiden pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Pilpres 2024 merupakan sosok yang kini elektabilitasnya tertinggi.

Berdasarkan survei, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan merupakan sosok yang elektabilitasnya paling tinggi untuk menjadi capres 2024.

Tiga teratas kita tahu Pak Ganjar, Prabowo dan Pak Anies, hasilnya pun kita tidak tahu, tetapi pasti kan tidak jauh dari situ," ujar Andi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022).

"Feeling saya gitu. Kan kita jujurlah tidak mungkin dari peringkat sembilan loncat ke nomor satu, kan gak mungkin juga. Nanti kita lihat konfigurasi daerahnya. Bisa saja capres nomor enam di survei bisa nomor satu di wilayah kelahirannya. Seperti di Jawa Barat, misalnya, Pak Ridwan Kamil tinggi, nah bisa saja tergantung wilayah yang dia kuasai saat ini," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Berikan Bintang Kehormatan ke Sastrawan hingga Bidan

2. Patahkan Jokowi endorse Prabowo

Jokowi Tak Masalah Dianggap Beri Restu ke Prabowo dan GanjarPresiden KSPSI Andi Gani Nena Wea (dok. IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Andi mematahkan asumsi kalau Jokowi akan 'meng-endorse' Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Isu tersebut muncul ketika Prabowo kerap muncul menemani kunjungan kerja Jokowi ke sejumlah wilayah. Selain itu, Prabowo juga kerap memuji Jokowi belakangan ini.

"Kalau misalnya tadi tanya, 'Pak Andi, apakah Pak Jokowi akan endorse Pak Prabowo dengan kedekatan berkali-kali?' Ya, kemarin sama Pak Ganjar, Pak Erick jalan kaki sama-sama CFD (di Solo), itu kan terpatahkan. Presiden saya lihat masih menganalisa, masih menjajaki siapa suksesor yang bisa menggantikan beliau," ucap dia.

3. Belum ada pilihan dari Jokowi soal capres 2024

Jokowi Tak Masalah Dianggap Beri Restu ke Prabowo dan GanjarPresiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meski demikian, Andi menegaskan, Jokowi belum memutuskan akan mendukung siapa pada Pilpres 2024. Saat ini, kata dia, Jokowi dekat dengan siapa pun, termasuk orang yang digadang-gadang akan maju sebagai capres.

"Saya tegaskan, bahwa presiden belum memilih siapa pun. Presiden dekat dengan siapa pun. Pak Ganjar apa kurang dekatnya? Dengan Mba Puan, ke mana-mana sama Mba Puan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Berikan Bintang Kehormatan ke Sastrawan hingga Bidan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya