Jokowi Tegaskan Pemerintah Serius Kembangkan Pariwisata Labuan Bajo

Jokowi targetkan 1 juta wisatawan datang ke Labuan Bajo

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menegaskan pemerintah serius mengembangkan kawasan Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi pariwisata super prioritas. Hal itu disampaikan Jokowi dalam kunjungannya di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Jokowi menjelaskan, salah satu bukti keseriusan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata kawasan Labuan Bajo yakni dengan memperluas Bandara Komodo.

"Dari pengembangan tersebut, utamanya dengan adanya perluasan bandara, Presiden menargetkan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo minimal mencapai 1 juta orang. Target tersebut akan naik apabila proyek perpanjangan landasan pacu (runway) Bandar Udara Komodo telah selesai," ujar Jokowi dalam keterangannya, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo

1. Bisa datangkan 1 juta lebih wisatawan

Jokowi Tegaskan Pemerintah Serius Kembangkan Pariwisata Labuan BajoPresiden Jokowi kunjungi Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, dengan adanya perluasan Bandara Komodo, ditargetkan bisa mendatangkan 1 juta wisatawan di kawasan Labuan Bajo. Menurutnya, itu target pada tahap pertama.

“Kalau nanti runway-nya sudah diperpanjang, wide body bisa masuk, (target wisatawan) naik lagi ke 1,5 juta (orang). Saya sudah sampaikan ke Menteri Pariwisata Pak Sandiaga Uno,” ucap dia.

Baca Juga: Pemprov NTT Tetapkan Tarif Masuk Pulau Komodo dan Padar Rp3,75 Juta

2. Jokowi tekankan pemeliharaan kawasan merupakan tanggung jawab semua pihak

Jokowi Tegaskan Pemerintah Serius Kembangkan Pariwisata Labuan BajoPresiden Jokowi kunjungi Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan, pemeliharaan kawasan merupakan tanggung jawab semua pihak. Sehingga, tidak ada saling lempar tanggung jawab antara pemerintah pusat dan daerah.

Tak hanya itu, kata Jokowi, masyarakat juga harus ikut menjaga kawasan Labuan Bajo. Salah satunya dengan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Jangan sampai sampah bertebaran di mana-mana. Hal kecil-kecil tapi itu hati-hati, itu akan dilihat oleh turis, oleh wisatawan nusantara. Dia kembali atau tidak karena itu, salah satunya karena hal-hal itu. Keramahan kita dalam melayani wisatawan itu juga sangat penting,” kata dia.

3. Bagi wisatawan yang ingin melihat komodo, bisa datang ke Pulau Rinca

Jokowi Tegaskan Pemerintah Serius Kembangkan Pariwisata Labuan BajoPresiden Jokowi kunjungi Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan melakukan konservasi habitat komodo. Apabila ada wisatawan yang ingin melihat langsung satwa endemik Indonesia, Jokowi menyarankan wisatawan berkunjung ke Pulau Rinca.

“Yang untuk wisatawan diberikan di Pulau Rinca, sehingga ini kita benahi untuk wisatawan dan juga untuk komodonya. Komodo di Pulau Rinca dan komodo di Pulau Komodo itu komodonya sama, wajahnya juga sama. Jadi kalau mau lihat komodo silakan ke Pulau Rinca, di sini ada komodo,” kata Presiden.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya