Jokowi Tinjau Tambang hingga Lihat Tempat Bawah Tanah di Freeport

Jokowi juga meluncurkan 5G smart mining di Freeport

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau proses pertambangan di bawah tanah yang ada di PT Freeport Indonesia, Mimika, Papua. Jokowi menyaksikan proses penambangan di Grasberg Block Cave (GBC) underground pada Kamis (1/9/2022).

Sebelum ke lokasi tambang, Jokowi dan rombongan terlebih dahulu mendengarkan penjelasan tentang pengerjaan pertambangan bawah tanah oleh Senior Vice President Underground PT Freeport Indonesia Hengki Rumbink.

Hengki menjelaskan, Jokowi dan rombongan harus menaiki elevator shaft untuk menuju lokasi penambangan. Elevator shaft bisa menampung 3 ribu orang sekaligus.

“Shaft ini bisa mengangkut beban hingga 38 ton dan mencapai ketinggian 225 meter dengan waktu tempuh kurang dari 1 menit,” ujar Hengki dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Grasberg PT Freeport, Lihat Sejarah Pertambangan

1. Setelah itu menggunakan kereta khusus

Jokowi Tinjau Tambang hingga Lihat Tempat Bawah Tanah di FreeportPresiden Jokowi tinjau tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia (dok. Sekretariat Presiden)

Setelah itu, Jokowi menggunakan kereta khusus untuk menuju lokasi tambang dengan jarak 400 meter. Keluar dari kereta, orang nomor satu di Indonesia itu kemudian berjalan ke GBC unloading station untuk menyaksikan proses bongkar muat hasil tambang dari kereta listrik tanpa awak.

Jokowi berada di GBC sekitar satu jam. Setelah itu, Jokowi dan rombongan meninggalkan GBC underground menuju tera shop.

Baca Juga: Luncurkan 5G Smart Mining Freeport, Jokowi: Pertama di Asia Tenggara

2. Jokowi lihat tempat ibadah yang ada di bawah tanah di PT Freeport

Jokowi Tinjau Tambang hingga Lihat Tempat Bawah Tanah di FreeportPresiden Jokowi tinjau tempat ibadah di bawah tanah di PT Freeport Indonesia (dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi turut melihat tempat ibadah yang ada di bawah tanah. Lokasinya berada di area Deep Mill Level Zone Underground. Di sini, terdapat Masjid Al Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.

Jokowi dan Iriana kagum dengan dua tempat ibadah yang berada di bawah tanah. Jokowi pun mendapat penjelasan mengenai dua tempat ibadah yang dibangun di bawah tanah itu.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Grasberg PT Freeport, Lihat Sejarah Pertambangan

3. Jokowi luncurkan 5G smart mining di PT Freeport

Jokowi Tinjau Tambang hingga Lihat Tempat Bawah Tanah di FreeportPresiden Jokowi meluncurkan penerapan 5G smart mining di PT Freeport Indonesia (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kunjungan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meluncurkan penerapan 5G smart mining di PT Freeport Indonesia. Jokowi mengatakan, teknologi itu merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

"Hari ni kita buktikan, bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G smart mining pertama di Asia Tenggara oleh PT Freeport Indonesia, yang didukung PT Telkomsel dalam rangka untuk mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja serta untuk produktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Jokowi mengaku senang hampir semua operator yang mengendalikan robot tambang di PT Freeport Indonesia merupakan anak bangsa.

"Saya sangat gembira, tambang bawah tanah yang sangat sulit medannya dan dikendalikan dari jarak jauh tadi saya sudah melihat secara langsung yang saya senang 99 persen dari total karyawan yang tadi mengendalikan, mengoperasionalkan itu asli Indonesia, khususnya dari tanah Papua," ucap dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan, robot-robot tambang bawah tanah itu dikendalikan jarak jauh. Sehingga, mencegah dan meminimalisir kecelakaan kerja.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya