Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt MenPAN-RB 

Penunjukkan Mahfud agar pemerintahan berjalan optimal

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Mahfud MD menjadi Plt MenPAN-RB untuk menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia.

"Posisi MenPAN-RB dijabat oleh Plt. Bapak Mahfud, ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut. Sembari masih menunggu prosesnya untuk pengganti," ujar Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini dalam keterangannya, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga: Masih Berduka, Jokowi Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

1. Penunjukkan Plt MenPAN-RB agar pemerintahan berjalan dengan baik

Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt MenPAN-RB Menkopolhukam RI, Mahfud MD (Twitter.com/mohmahfudmd)

Faldo mengatakan, penunjukkan Mahfud sebagai Plt MenPAN-RB agar pemerintahan berjalan dengan baik. Sehingga, segala administrasi yang harus dikerjakan dapat berjalan optimal.

"Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan. Biasa proses seperti ini, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif, yang paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik," kata dia.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Jokowi Tunjuk Tito Jadi Menteri PAN RB Ad Interim

2. Masih berduka, Jokowi belum tentukan pengganti Tjahjo

Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt MenPAN-RB Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku belum memikirkan pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022. Hal itu karena masih dalam keadaan berduka.

"Belum, masih dalam proses semuanya, kita juga menunggu masih berduka," ujar Jokowi di sela-sela kunjungannya di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

3. Jokowi sebelumnya tunjuk Tito Karnavian jadi MenPAN-RB ad interim

Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt MenPAN-RB Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika memimpin rapat (ANTARA FOTO/Puspen Kemendagri)

Diketahui, sebelumnya Presiden Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai MenPAN-RB ad interim. Tito menjabat sebagai MenPAN-RB ad interim sampai 15 Juli 2022 atau berakhir hari ini.

Penunjukkan itu disampaikan melalui surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. 

"Berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri PAN RB ad interim pada 4-15 Juli 2022," tulis surat yang ditandatangani Pratikno seperti dilihat IDN Times, Selasa (5/7/2022).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya