Jokowi Ungkap Bisa Menang Jadi Gubernur DKI karena Baju Kotak-kotak

Jokowi menang Pilkada DKI 2012

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam acara HUT ke-8 Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengungkapkan caranya bisa menang saat menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta pada 2012. Ketika itu, kata Jokowi, dia bersama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memikirkan tampilan yang berbeda agar diminati anak muda.

"Ingat, saya bukan siapa-sapa dari Solo, ndeso, masuk ke Jakarta kota besar, saya melihat saat itu ada peluang karena setiap pemilihan Pilkada, di manapun selalu calonnya itu pakai jas, dasi, peci. Gak ada yang keluar dari situ. Ingat ini benar, kalau ada yang masih seperti itu dari PSI, berarti sudah," ujar Jokowi di Djakarta Theater, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga: Dua Menteri NasDem Tak Terlihat Saat Jokowi Ratas Jelang Rabu Pon

1. Jokowi dan Ahok menang pakai baju kotak-kotak

Jokowi Ungkap Bisa Menang Jadi Gubernur DKI karena Baju Kotak-kotakPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi menjelaskan, dia bersama Ahok kemudian memilih pakaian kemeja motif kotak-kotak. Hal itu dilakukan sebagai pembeda dari pasangan lainnya.

"Saat itu saya ingat menyiapkan dengan Pak Ahok baju kotak-kotak, gak ada yang berani membuat tren seperti itu. Itu ada risikonya, risikonya bisa kalah kalau keliru," kata dia.

Baca Juga: Istana Beberkan Agenda Jokowi di Rabu Pon 1 Februari 2023

2. Jokowi harap PSI bisa mencari pembeda bila ingin menang

Jokowi Ungkap Bisa Menang Jadi Gubernur DKI karena Baju Kotak-kotakPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap PSI bisa mencari pembeda bila ingin menang di Pemilu 2024. Menurutnya, PSI jangan membawa isu yang tidak disukai anak muda.

"Jangan angkat isu yang tidak disukai anak muda. PSI harus memiliki diferensiasi dibanding partai lain, jangan ngikutin mereka," ucap dia.

3. Jangan jadi follower

Jokowi Ungkap Bisa Menang Jadi Gubernur DKI karena Baju Kotak-kotakPresiden Jokowi saat berbincang santai sambil menyantap bakso dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Jokowi juga meminta PSI untuk tidak menjadi follower atau pengikut. Semua hal harus bisa berinovasi.

"Jangan jadi follower, harus jadi trendsetter," imbuhnya.

Baca Juga: Istana Beberkan Agenda Jokowi di Rabu Pon 1 Februari 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya