Kala Jokowi Bertaruh Tak Semua Orang Tahu Singkatan PSBB

Jokowi sebut ada singkatan PSBB dan PPKM pada masa COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir dalam acara penyerahan penghargaan penanganan pandemik COVID-19. Dalam acara tersebut, Jokowi menyinggung soal beberapa singkatan pada masa pandemik COVID-19 yang rumit.

Misalnya, PSBB yang merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar dan PPKM yang merupakan singkatan dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

"Sampai kadang-kadang saya bingung, ini ada singkatan seperti tadi Pak Menko sampaikan, belum apa, singkatannya apa? Kepanjangannya apa? Muncul PPKM, ini apa lagi," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Jokowi: Kita Harus Ambil Pelajaran dari Pandemik COVID-19  

1. Jokowi bertaruh, tak semua orang tahu singkatan PSBB

Kala Jokowi Bertaruh Tak Semua Orang Tahu Singkatan PSBBPresiden Jokowi di acara penyerahan penanganan COVID-19 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi yakin masih ada masyarakat yang belum mengetahui singkatan PSBB. Dia pun berani bertaruh.

"Ada yang tahu singkatannya PPKM? Saya tunjuk satu orang, itu aja mungkin gak tahu, saya yakin, berani taruhan saya, hehehe... Termasuk ibu-ibu yang tertawa, belum tentu apal PPKM itu kepanjangan apa. Coba maju, Ibu," kata Jokowi.

Setalah ada seorang ibu-ibu yang maju, Jokowi menanyakan kepanjangan dari PSBB.

"Yang ditanyakan bukan PPKM, PSBB. Iya, PSBB langsung," ucap Jokowi.

"PSBB, Pembatasan Sosial Berskala Besar," jawab ibu tersebut.

"Ya, oke, betul. Makasih, Bu," ujar Jokowi.

"Pak sepedanya?" tanya ibu tersebut.

"Nanti saya kirim ke tempat ibu, sepedanya," kata Jokowi lagi.

Baca Juga: Cerita Jokowi Semadi 3 Hari Putuskan Lockdown atau Tidak Saat Pandemik

2. Jokowi beberkan dunia akui keberhasilan penanganan pandemik di Indonesia

Kala Jokowi Bertaruh Tak Semua Orang Tahu Singkatan PSBBPresiden Jokowi di acara penyerahan penanganan COVID-19 (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik. Dunia pun mengakui hal tersebut.

"Dirjen WHO menyampaikan bahwa penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia termasuk yang terbaik dan cakupan vaksinasinya juga masuk yang terbaik," ucap Jokowi.

"Kemudian pada September 2021, John Hopkins University juga menyampaikan Indonesia sebagai one of the best in the world dalam menurunkan kasus COVID. Yang ngomong juga bukan kita, bukan kita yang ngomong," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Hadiri Sidang Pengucapan Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil MK

3. Keberhasilan pandemik kerja keras seluruh komponen

Kala Jokowi Bertaruh Tak Semua Orang Tahu Singkatan PSBBPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi mengatakan, keberhasilan menangani pandemik COVID-19 merupakan keberhasilan seluruh komponen. Jokowi menyebut, angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia juga bisa ditekan.

"Kita ini semua bekerja. Semuanya bekerja," ucap dia.

Baca Juga: WHO Desak China Transparan soal Asal-usul COVID-19 dari Anjing Rakun 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya