[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi Sorotan

Pernyataan Jokowi itu tuai pro dan kontra

Jakarta, IDN Times - Tahun 2022 beberapa hari lagi akan segera berakhir. Selama 2022, ada sejumlah pernyataan, kebijakan hingga gesture Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang menjadi sorotan publik.

Pernyataan, kebijakan dan gesture Jokowi itu ditanggapi beragam oleh sejumlah pihak. Ada yang pro, tak sedikit juga menuai kritik.

Baca Juga: Jokowi Jawab Pemimpin Rambut Putih: Hatta Rajasa, Ganjar, Prabowo

1. Jokowi bilang bodoh

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi ingin marah saat mengevaluasi kinerja BUMN PLN dan Pertamina (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Pada 25 Maret 2022, Presiden Jokowi nampak marah dalam acara arahan presiden kepada menteri, kepala lembaga, kepala daerah dan badan usaha milik negara, tentang aksi afirmasi bangga buatan Indonesia di Bali. Dalam acara itu, Jokowi bahkan mengeluarkan kata "bodoh".

Mulanya, Jokowi mengingatkan kepada menteri dan pejabat terkait untuk tidak lagi melakukan pengadaan barang dan jasa secara impor.

"Begitu saya lihat ini pengadaan barang dan jasa seperti apa, detil sekarang makro saja gak bisa, hilang pasti, target kita hilang, sekarang makro dilihat mikro dikejar. Cek yang terjadi, sedih, belinya barang-barang impor semua, padahal kita memiliki pengadaan barang dan jasa anggaran modal pusat itu Rp526 triliun, daerah, pak gubernur, wali kota, bupati Rp535 triliun, lebih gede daerah," ujar Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (25/3/2022).

Ia juga mengungkapkan, anggaran untuk pengadaan barang dan sama BUMN ada sekitar Rp420 triliun. Jika anggaran itu digabungkan, kata Jokowi, jumlahnya sangat besar.

"Ini duit gede banget, besar sekali, gak pernah kita lihat dan ini kalau digunakan, kita gak usah muluk-muluk, dibelokkan 40 persen saja, 40 persen saja itu bisa men-trigger growth ekonomi kita, yang pemerintah dan pemerintah bisa 1,71 persen," sambungnya.

Jokowi mengatakan, dengan cara yang disampaikannya, BUMN juga bisa tumbuh 0,4 sampai 1,7 persen. Menurutnya, dana tersebut ada dan tidak usah cari investor. Syaratnya, beli barang produksi dalam negeri, melalui pabrik, industri dan UKM yang ada di Indonesia.

"Bodoh sekali kita kalau tidak melakukan ini," katanya.

2. Jokowi ancam reshuffle menteri yang gemar impor barang

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi tinjau pembangunan IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam acara tersebut, Jokowi juga mengancam menterinya yang gemar impor barang akan di-reshuffle. Jokowi meminta para menterinya untuk serius dalam mengembangkan produk dalam negeri. 

"Saya sampaikan ke Menteri BUMN, dah ganti dirutnya. Ganti, mau apa kita? Kementerian, sama saja, tapi itu bagian saya. Reshuffle, sudah heeh saya itu, kayak gini gak bisa jalan," ucap dia.

3. Kali kedua, Jokowi bilang bodoh pada 14 Juni 2022

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanTwitter/@KSPgoid

Pada 14 Juni 2022, Jokowi kali kedua mengatakan bodoh kepada jajarannya. Hal itu disampaikan dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta jajarannya di tingkat kementerian/lembaga untuk mengembangkan produk dalam negeri. Jokowi meminta agar APBN digunakan secara efisien.

Menurutnya, apabila APBN dan APBD digunakan untuk belanja produk dalam negeri, ekonomi Indonesia akan tumbuh.

"Ini APBN lho. Ini uang APBD lho. Belinya produk impor. Nilai tambahnya yang dapat negara lain, lapangan kerja yang dapat orang lain. Apa enggak bodoh orang kita ini?,"  kata Jokowi.

4. Jokowi kembali bilang bodoh pada 29 Agustus 2022

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi usai rapat persiapan nikahan Kaesang. (IDN Times/Larasati Rey)

Nampaknya, Jokowi sangat geram kepada jajarannya yang gemar melakukan pengadaan barang impor. Ketiga kalinya, Jokowi menyampaikan kata "bodoh". Hal tersebut disampaikan dalam acara Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara.

"Saya sudah pesan betul, pesan betul, sangat lucu sekali, sangat bodoh sekali kalau uang yang dikumpulkan oleh pemerintah baik dari pajak, dari PNBP masuk menjadi APBN, masuk menjadi APBD kemudian belanjanya produk-produk impor," katanya seperti disiarkan dalam saluran YouTube, Sekretariat Presiden, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: 20 Kebijakan Penting di Ekonomi Indonesia sepanjang 2022

5. Larang ekspor CPO minyak goreng

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanJokowi beri sambutan di Rakernas Ikatan Apoteker Indonesia pada Kamis (5/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng ke luar negeri. Hal itu diputuskan dalam rapat kabinet Jumat (22/4/2022).

"Dalam rapat tersebut, saya putuskan pemerintah melarang ekspor bahan baku dan minyak goreng mulai Kamis 28 April 2022 sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian," ujar Jokowi dalam keterangannya di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (22/4/2022).

Kebijakan ini, ditegaskan Jokowi, diambil pemerintah demi memenuhi ketersediaan minyak goreng di dalam negeri. Pun, untuk melakukan kontrol harga.

"Saya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini agar ketersediaan minyak goreng di dalam negeri melimpah dengan harga terjangkau," ucap dia.

Cabut larangan ekspor CPO

Tak sampai satu bulan, Presiden Jokowi mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng mulai 23 Mei 2022. Pencabutan larangan ekspor itu karena kebutuhan minyak goreng curah dalam negeri sudah terpenuhi.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta tenaga di industri sawit baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (19/5/2022).

6. Jokowi ancam copot Dirjen Imigrasi

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi meminta ada perubahan menyeluruh terhadap pelayanan imigrasi di Indonesia. Sebab, kata dia, layanan di Imigrasi kerap mendapat keluhan dari masyarakat. Hal itu disampaikannya dalam acara Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS Antarnegara.

"Saya sudah pesan betul, pesan betul, sangat lucu sekali, sangat bodoh sekali kalau uang yang dikumpulkan oleh pemerintah baik dari pajak, dari PNBP masuk menjadi APBN, masuk menjadi APBD kemudian belanjanya produk-produk impor," ujar Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyoroti keluhan sulitnya mendapat visa dan izin tinggal warga negara asing di Indonesia. Dia mengancam akan mencopot Dirjen Imigrasi apabila tidak bisa mempermudah visa dan izin tinggal tersebut.

Sebab, hal itu sangat berpengaruh pada datangnya investor di Indonesia.

"Ini yang begini-begini bermanfaat sekali bagi rakyat kita, kita harus mulai betul-betul, Pak Menteri, mengubah ini, Pak. Ganti itu kalau kira-kira memang gak punya kemampuan untuk reform seperti itu,  ganti semaunya, dari dirjen sampai bawahnya, ganti akan perubahan," ucap dia.

7. Jokowi naikkan harga BBM

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanSPBU Pertamina. (IDN Times/Dhana Kencana)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengumumkan bahan bakar minyak (BBM) yang mengalami kenaikan harga adalah Pertalite, Solar dan Pertamax.

Harga Pertalite naik dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter. Sedangkan Solar naik dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Pertamax nonsubsidi dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit, dalam hal ini adalah menaikkan harga BBM.

"Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapatkan subsidi akan mengalami penyesuaian," kata Jokowi dalam konferensi pers, Sabtu (3/9/2022)..

Dia menjelaskan bahwa sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran. Sebab, selama ini subsidi BBM cenderung dinikmati oleh kalangan mampu.

"Dan lagi lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi. Mestinya uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu," ujarnya.

8. Gesture Jokowi tak salami Kapolri di HUT ke-77 TNI

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanUpacara HUT TNI ke-77 di Istana Negara pada Rabu (5/10/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Viral video Presiden Jokowi tidak menyalami Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Peristiwa itu terjadi saat Jokowi tiba di Istana Merdeka untuk menyapa sejumlah perwira tinggi TNI pada perayaan HUT ke-77 TNI, Rabu (6/10/2022).

Sebelumnya Jokowi menyalami Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Jokowi menyempatkan mengobrol sejenak dengan Jenderal Andika. Di lokasi itu juga hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga sedang bercengkrama dengan tamu lain.

Posisi Kapolri saat itu berdiri di belakang Jenderal Andika. Setelah menyapa Jenderal  Andika, dalam video yang beredar Jokowi nampak tak menyalami Kapolri.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman kemudian menghampiri Jokowi dan mengajak bersalaman. Setelahnya, Jokowi bergeser dan bersalaman dengan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menegaskan tak ada masalah antara Jokowi dan Kapolri. Menurutnya, Jokowi sudah bersalaman terlebih dahulu dengan Kapolri sebelumnya.

"Gak ada masalah, kan di mimbar utama sebelum upacara semua sudah disalamin, dan kan yang di video Pak Presiden Jokowi menyapa Pak Kapolri (berbicara)," kata Heru kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

9. Jokowi kritisi gaya hidup mewah polisi

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi serahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi mengkritisi gaya hidup mewah aparat kepolisian. Dia menilai, gaya hidup mewah itu menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat.

Jokowi mengimbau kepada para pejabat tinggi Polri untuk memiliki kepekaan mengenai kondisi ekonomi yang terjadi saat ini. Terlebih ekonomi global saat ini sedang dilanda krisis pascapandemik COVID-19.

"Ini yang semua Kapolda, Kapolres, Pejabat utama semua harus tahu bahwa keadaan ini harus mengerti sehingga memiliki sense of crisis yang sama. Hati-hati dengan ini, hati-hati," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2022).

"Oleh sebab itu saya ingatkan masalah gaya hidup jangan sampai di situasi yang sulit ada letupan sosial karena ada kecemburuan sosial ekonomi sehingga saya ingatkan yang namanya Kapolres, Kapolda, Pejabat utama, Pejabat tinggi, ngerem total masalah gaya hidup," sambung dia.

10. Hadir di HUT ke-58 Golkar, Jokowi ingatkan jangan sembrono deklarasikan capres

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi hadir di acara HUT ke-58 Golkar (IDN Times/Istimewa)

Presiden Jokowi menghadiri puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-58 Partai Golkar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022). Dalam acara itu, Jokowi menyampaikan kepada Golkar untuk hati-hati dalam mendeklarasikan calon Presiden (capres) 2024.

Mulanya, Jokowi menyampaikan, Golkar pada usia yang ke-58 sudah matang dalam perpolitikan Indonesia. "Oleh sebab itu, saya yakin Golkar akan dengan cermat, teliti, hati-hati, tidak semberono dalam mendeklarasikan calon Presiden dan calon Wakil Presiden 2024," ujar Jokowi.

"Meskipun tadi saya lihat, sudah teriak Pak Arilangga Hartarto (Presiden) dan saya juga meyakini bahwa yang akan dipilih oleh Partai Golkar capres mapun cawapres ini tokoh-tokoh yang benar. Silakan terjemahkan sendiri," sambungnya.

11. Viral Jokowi dianggap enggan berpelukan dengan Paloh

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kiri) ketika berdialog dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Negara pada 22 November 2021. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Di puncak peringatan HUT ke-58 Golkar, beredar video yang menampilkan Jokowi nampak enggan dipeluk Surya Paloh.

Dalam video yang viral, gesture Surya Paloh hendak memeluk Jokowi. Tangan kiri Paloh sedikit "mengajak" tubuh Jokowi untuk berpelukan. Namun, tubuh Jokowi tetap tegap. Hanya senyuman yang diberikan Jokowi kepada Paloh.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, memberikan komentar terkait peristiwa itu. Menurut Hasto, Paloh saat ini lebih suka memeluk Anies Baswedan.

"Setahu saya kan yang suka peluk itu Pak Surya Paloh dengan pak Anies ya, kalau dengan Pak Jokowi kan ya beliau menunjukkan sikapnya seperti itu, dan gak usah jadi isu politik lah, seperti itu, rakyat juga tahu yang akrab itukan antara Pak Surya Paloh dengan Pak Anies," ujar Hasto di Kompleks Gelora Bung Karno, Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Publik Puas dengan Kinerja Jokowi karena Mampu Stabilkan Ekonomi

12. Di HUT Perindo, Jokowi kembali ingatkan partai politik hati-hati deklarasikan capres

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi di HUT ke-8 Partai Perindo (IDN Times/Ilman)

Presiden Jokowi kembali mengingat partai politik pendukungnya, untuk hati-hati dalam menentukan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden 2024.

Kali ini, Jokowi mengingatkan Partai Perindo untuk hati-hati. Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya di HUT ke-8 Partai Perindo di iNews Tower, Jakarta.

Hati-hati, milih capresnya harus bener Pak Hary (Ketum Perindo), karena capres akan membantu threshold, milih capres-cawapresnya hati-hati, tapi jangan terlambat juga deklarasi," ujar Jokowi, Senin (7/112022).

13. Jokowi beri sinyal dukung Prabowo

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Masih di acara HUT ke-8 Perindo, Jokowi berseloroh jatah Presiden RI pada 2024 akan dipegang Prabowo. Pernyataan Jokowi itu untuk menangapi pernyataan Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo yang menyebutnya sebagai pemimpin yang tidak pernah gagal. Mulai dari menjadi wali kota Solo, gubernur DKI,  hingga presiden.

"Saya ini dua kali wali kota di Solo, menang, kemudian, ditarik ke Jakarta, gubernur sekali, menang," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi menyampaikan juga menang sebagai presiden dua periode. Dia kemudian meminta maaf kepada Prabowo Subianto yang juga hadir di lokasi.

"Kemudian pemilu presiden juga menang. Mohon maaf Pak Prabowo, kelihatannya setelah ini jatahnya Pak Prabowo," kata Jokowi disambut riuh kader Perindo.

Prabowo Subianto merupakan lawan politik Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019. Pada 2019, Prabowo bergabung ke Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan.

14. Jokowi beri kode pemimpin baik adalah berambut putih

[KALEIDOSKOP 2022] Deretan Pernyataan Jokowi yang Jadi SorotanPresiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (dok. Sekretariat Presiden)

Setelah itu, Jokowi memberikan kode kalau pemimpin yang baik adalah mereka yang memimiki rambut putih. Hal itu disampaikan Jokowi kepada relawan Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (26/11/2022).

Pemimpin yang mengerti rakyat, kata Jokowi, terlihat dari penampilan hingga kerutan wajah.

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua,” kata Jokowi.

Jokowi mengimbau relawan agar jangan hanya karena kepentingan sesaat atau jangka pendek, malah lupa menjaga keberlanjutan dan keberhasilan pembangunan yang telah ia buat.

Saat kunjungan kerja ke Pontianak, Jokowi menjelaskan orang yang berambut putih memiliki semangat untuk memperjuangkan masyarakat. Dia menyebut, Hatta Rajasa juga memiliki rambut putih selain Ganjar.

"Termasuk juga rambut, karena mikirnya sangat keras untuk rakyat, maka bisa saja rambutnya jadi putih; dan banyak yang rambutnya putih, seperti Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, termasuk Pak Prabowo Subianto, rambutnya juga agak putih, dan lainnya," kata Jokowi dilansir ANTARA.

Dalam kesempatan itu, dia juga mempersilakan orang lain menafsirkan soal pemimpin rambut putih itu. "Ya ditafsirkan apa pun silakan, tetapi memang dalam orang bekerja, kalau sungguh-sungguh dan kerja keras, pasti akan memengaruhi fisiknya," ucap dia.

Ketika kunjungan kerja di Surabaya, Jokowi juga menyebut Prabowo Subianto masuk kriteria pemimpin berambut putih. "Tadi sudah saya sampaikan, sudah saya cek ke Pak Prabowo apakah beliau memiliki kerutan di wajahnya, ternyata punya. Kerutan wajahnya ada," ujarnya.

"Kemudian saya cek rambutnya ternyata juga ada putihnya, sebagian juga ada putihnya, artinya sepeti yang saya sampaikan itu (ciri pemimpin pikirkan rakyat)," kata Jokowi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya